Implementasi Media Film Berbasis Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Madiun

Muhammad Rafi Ardhiansyah, S Soebijantoro, Khoirul Huda, Anjar Mukti Wibowo

Abstract


Artikel ini untuk menganalisis implementasi media film berbasis sejarah dalam pembelajaran sejarah pada MAN 2 Madiun. Mengingat permasalahan yang terjadi tergambarkan siswa kecenderungan kurang menunjukkan perhatian terhadap pengajarannya. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskripsi kualitatif bekerja melalui teknik mengumpulkan data lapangan dengan pengamatan pasif ketika proses pengajaran sejarah dalam ruang kelas. Interview model terstruktur terhadap informan guru dan siswa sehingga memperoleh informasi suasana pada waktu berlangsungnya pembelajaran sejarah. Kemudiam data di analisa lewat prosedur kualitatif yakni mengumpulkan, memilah dan menyimpulkan. Hasil penelitian bahwa implementasi media film sejarah dilakukan guna mewujudkan minat belajar. Media film tersebut berhasil dipergunakan sebagai media bagi guru oleh karena memuat  aspek ilmu pengetahuan, kronologi, kausalitas kejadian dan improvisasi.

Keywords


media; film; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ardhiansyah, M. R. (2022a). Laporan hasil pengamatan film Sultan Agung

Ardhiansyah, M. R. (2022b). Laporan hasil pengamatan pelaksanaan siswa menonton dan menganalisa media film Sultan Agung.

Ardhiansyah, M. R. (2022c). Laporan hasil pengamatan Sikap pemberani dan cinta tanah air tergambar pada tokoh film sultan agung.

Asri, E. W. (2022, 17 Juli 2022). Pembelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Madiun [Interview]. MAN 2 Madiun; Universitas PGRI Madiun.

Asri, R. (2020). Membaca film sebagai sebuah teks: analisis isi film “nanti kita cerita tentang hari ini (nkcthi)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Azmi, M. (2017). Learning history through historical movies: Bringing living history into classroom. [https://www.atlantis-press.com/proceedings/ictte-17/25885770]. International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017), UNS.

Fajri, I. N., & Minsih, S. A. (2015). Hubungan Lingkungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 18 Sangkrah Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/34734/

Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2020). Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu.

Ghosh, S., & Bairagya, D. S. (2018). A Study On Problems Of Teaching History At Secondary Level. UGC Approved Journal, 8(15), 545-553. https://www.researchgate.net/publication/352678287_A_STUDY_ON_PROBLEMS_OF_TEACHING_HISTORY_AT_SEcONDARY_LEVEL

Hartono, Y., Huda, K., & Arseat, R. L. (2022). KONSTRUKSI MATERI DAN PRAKSIS PEMBELAJARAN SEJARAH KONTROVERSIAL G-30-S/PKI ERA POST TRUTH. Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan, 1(1), 9-16. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/REF/article/view/13970

Huda, K. (2021). BUKU AJAR METODE PENULISAN SEJARAH. UNIPMA Press.

Marthin, C. R., Hadi, I. P., & Lesmana, F. (2020). Analisis isi Kekerasan dalam film Deadpool 1 & Deadpool 2. Jurnal e-Komunikasi, 8(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/10883

Mastati, M. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur). Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 2(1), 89-105. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/fhs.v2i1.1289

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3 ed.). SAGE Publications

Nugraha, Y. P. A. (2016). Penggunaan Media Film terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 311-321. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.373

Rohman, A. (2011). PENGELOLAAN SEKOLAH BERBASIS RELIGI STUDI SITUS MADRASAH ALIYYAH FUTUHIYYAH–1 MRANGGEN DEMAK Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/12946/

Rusvitaningrum, Y., & Sudiyanto, S. (2018). Strengthening Students' Historical Awareness in History Learning in High School Through Inquiry Method. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 249-254. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i5.446

sah, S. (2016). Motivation, interest, learning a Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan 5(1). http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/50/29

Sapriyah, S. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Seminar Nasional Pendidikan FKIP, FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (A. Mujahidin, Ed.). Penerbit Nata Karya.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (6, Ed.). Rineka Cipta.

Sudarti, D. O. (2019). Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1725615&val=11812&title=Kajian%20teori%20behavioristik%20stimulus%20dan%20respon%20dalam%20meningkatkan%20minat%20belajar%20siswa

Suryani, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis it. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(2), 186-196. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Teknologi, M. P. K. R. d. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Trafton, J. (2022). Historical Film. Oxford University Press. Retrieved 15 Juni 2022 from https://www.oxfordbibliographies.com/display/document/obo-9780199791286/obo-9780199791286-0239.xml

Yulia, D., & Arifin, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasidalam Pembelajaran IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viiidi SMP Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33373/his.v1i1.400


Article Metrics

Abstract has been read : 366 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v8i1.16777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats