Anak Usia Dini dan Gadget: Studi Pengalaman Pengasuhan Orang Tua Masyarakat Desa Winong
DOI:
https://doi.org/10.25273/gulawentah.v8i1.16138Keywords:
Anak Usia Dini, Gadget, Orang TuaAbstract
Gadget saat ini seperti sudah menjadi kebutuhan pokok, terutama bagi anak usia dini. Produk modernisme ini mendorong penggunaan teknologi dalam berbagai aspek. Bahkan, bisa menggeser peran orang tua dalam memberikan hak pengasuhan untuk anak usia ini. Tingkat kecanduan anak usia dini pada gadget saat ini juga terbilang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang pengalaman orang tua dalam proses pengasuhan anak usia dini dengan masuknya gadget pada dunia mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan perspektif fenomenologi dari Edmund Husserl. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dengan didukung data sekunder melalui studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan gadget bisa menjadi berbahaya jika tidak dapat dikendalikan, sehingga peran orang tua menjadi sangat penting dalam kondisi tersebut. Adaptasi pengasuhan orang tua dengan gadget bisa dilakukan dengan pengawasan yang baik agar dapat meminimalisir dampak negatif yang dapat terjadi. Penggunaan gadget juga mendorong dengan cepat agar lebih melek teknologi, sebab zaman akan berubah menjadi dunia digital.
Downloads
References
Abdullah, S. M. (2010). Studi Eksplorasi Tentang Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Spirits, 1(1), 1–9.
Admin, P. D. W. (2023). Desa Winong. http://desawinong.id/
Anshori, I. (2018). Melacak State Of The Art Fenomenologi Dalam Kajian Ilmu-Ilmu Sosial Isa Anshori Universitas Islam Negeri Sunan Ampel , Jl . Ahmad Yani No . 117 , Jemur Wonosari Surabaya , Paradigma Fenomenologi ( Phenomenology ) merupakan salah satu teori dari paradigma. Halaqa: ISlamic Education Journal, 2(2), 165–181. https://doi.org/10.21070/halaqa.
Azwi, A. I., Yenni, Y., & Vianis, O. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gadget Pada Anak Usia Dini. REAL in Nursing Journal, 5(1), 24. https://doi.org/10.32883/rnj.v5i1.1507
Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. 2(1), 59–70. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1380/1342%0Ahttp://mpsi.umm.ac.id/files/file/55-58 Berliana Henu Cahyani.pdf
Hadi, R., & Sumardi, L. (2023). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1062–1066. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1324
Hariyanto, M. (1938). Fenomenologi Transendental. Fenomenologi Transendental Edmund Husserl, 1906, 3.
Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57–66. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2703
Maulita, I., Ari, S., & Gian Fitria, A. (2020). Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. 1, 275. https://doi.org/10.35393/1730-006-002-014
Mita Widiastiti, N. L. G., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(June), 112–120.
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Pangastuti, R. (2017). Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini. 2, 165–174. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=722798&val=11236&title= Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Rahmalah, P. Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 302–310. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52/52%0Ahttps://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781
Wulandari, F. C., & Ristiawanti. (2018). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Kebebasan Penggunaan Gadget Pada Anak di SD Negeri Burat Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 9(2), 18–28. d:%5CDownloads%5CDocuments%5C37-Article Text-74-1-10-20191217_2.pdf
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889