Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik SMPN 3 Bandar Kabupaten Pacitan

Hamidah Nursuciana, Agung Wiradimadja

Abstract


Abstrak

Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran IPS sering kali terbilang rendah. Dengan demikian, guru IPS memiliki peran untuk mendorong motivasi belajar peserta didik terutama dalam proses peningkatan partisipasi belajar. Rendahnya partisipasi belajar IPS peserta didik di SMPN 3 Bandar diakibatkan karena adanya rasa bosan dan jenuh ketika kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan partisipasi belajar IPS peserta didik SMPN 3 Bandar dan mengetahui bagaimana respon peserta didik setelah diberi stimulus oleh guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Bandar Kabupaten Pacitan. Informan penelitian terdiri dari 2 guru IPS dan 15 orang peserta didik. Ada empat upaya yang dilakukan guru IPS guna meningkatkan partisipasi belajar peserta didik yaitu pertama, mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif guna meminimalisir rasa bosan dan jenuh peserta didik. Kedua, guru memberikan reinforcement berupa penguatan positif dan penguatan negatif. Ketiga, guru memberikan evaluasi pembelajaran kepada peserta didik,. Keempat, guru melakukan pendekatan dengan orang tua, yang mana guru menghubungi orang tua peserta didik yang tingkat partisipasi belajarnya menurun melalui whatsapp serta memanggil peserta didik dan orang tua untuk datang ke sekolah. Hal tersebut dilakukan oleh guru IPS dan pihak sekolah supaya peserta didik dapat merubah perilakunya. Kemudian untuk respon yang diberikan peserta didik setelah diberi stimulus yaitu pertama mereka mengatakan bahwa pembelajaran inovatif yang dirancang oleh guru IPS membuat mereka merasa nyaman dan senang. Kedua, mereka memberikan respon yang beragam, ada yang merespon dan juga ada yang merubah perilakunya serta ada yang tidak merubah perilakunya. Ketiga, peserta didik ada yang merasa puas dan tidak puas dengan evaluasi yang diberikan oleh guru. Keempat, peserta didik ada yang merasa takut akan dimarahi oleh orang tuanya dan ada juga peserta didik yang merespon dengan biasa saja. 


Abstract

The involvement of students in the social studies learning process is often fairly low. Thus, social studies teachers have a role to encourage students ' learning motivation, especially in the process of increasing learning participation. The low participation of social studies students in SMPN 3 Bandar caused by boredom and boredom when learning activities. Therefore, in this study aims to determine the efforts of teachers in increasing the participation of social studies students SMPN 3 Bandar and know how the response of students after being given a stimulus by the teacher. This research uses qualitative research with Case Study Method and the location of this research was conducted in SMPN 3 Bandar Pacitan Regency. Research informants consisted of 2 social studies teachers and 15 students. There are four efforts made by social studies teachers to improve student learning participation, namely first, designing fun and innovative learning to minimize boredom and saturation of students. Second, teachers provide reinforcement in the form of positive reinforcement and negative reinforcement. Third, teachers provide learning evaluation to learners,. Fourth, teachers approach parents, where teachers contact the parents of students whose learning participation rate decreases through whatsapp and call students and parents to come to school. This is done by social studies teachers and the school so that students can change their behavior. Then for the response given by students after being given a stimulus, they first said that innovative learning designed by social studies teachers made them feel comfortable and happy. Second, they give a variety of responses, some respond and also some change their behavior and some do not change their behavior. Third, there are students who are satisfied and dissatisfied with the evaluation given by the teacher. Fourth, there are students who feel afraid of being scolded by their parents and there are also students who respond normally.

Keywords


upaya guru; partisipasi belajar; respon peserta didik

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Studi Tentang Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Apersepsi Pada Pembelajaran PPKN Di SMP Negeri 1 Dan SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Selayar. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Dako, R. T. (2012). Kenakalan Remaja. Jurnal Inovasi, 9(2), 1–7.

Fatmah, A. N., Jumadi, O., & Junda, M. (2016). Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1, 59–64.

Fatmawati, & Anjarsari, P. (2021). Stimulus Guru Dan Respon Siswa Dalam Pembelelajaran Bahasa Arab di Tingkat SMP. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 13–26.

Fatmawati, S., Pujiastuti, W., & Mahpudz, A. (2021). Peran Guru PKn Dalam Mengembangkan Partsisipasi Peserta Didik Di Smp Negeri 14 Palu. JURNAL EDU CIVIC MEDIA PUBLIKASI PRODI PPKN, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Faturrohman, M. (2017). Teori Belajar Skinner. Belajar Dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi, Dan Teori Pembelajaran, 89–108. www.penerbitgarudhawaca.com

Ferti, M. (2018). Keterampilan Guru Memberikan Penguatan (Reinforcement) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 3 Wera Kab. Bima NTB. 6–7.

Handriyantini, E. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Aktif , Kreatif dan Menyenangkan. Academia, July, 1–10.

Hardani, Ustiawaty, J., & Andriani, H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue April).

Hidayat, D. R., & Herdi. (2013). Bimbingan Konseling Kesehatan Mental di Sekolah. PT Rosdakarya Offset.

Hidayat, R. & Abdillah H. (2019). Buku Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya . Medan: LPPI: Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi.

Husnul, C. (2008). Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruz Media Group

Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Idzhar, A. (2016). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, II(2).

Iswadi. (2014). Teori Belajar. Bogor: In Media.

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif. Pusaka Almaida. https://books.google.co.id/books?id=1_0KEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Kartika, N. I. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Di SD Negeri Danaraja 02 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Kaulan, M., & Ramadhani, K. D. (2018). Permasalahan Pembelajaran Ips Dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–53.

Khodijah, D. N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas Xi Mia7 Sman 1 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 01(02), 46–54.

Kirana, D. D. (2011). Pentingnya Penguasaan Empat Kompetensi Guru Dalam Menunjang Ketercapaian Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689–1699.

Kirana, Z. C., & Al Badri A.M, A. N. (2020). Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3), 175–193. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Lestari, A. G. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Negeri 1 Jember.

Magdalena, I., Fauziah, S. fa, Sari, P. W., Berliana, N., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295.

Miles, M. B., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In SAGE Publications, Inc (3rd ed.).

Mulyati, N. W. K. (2019). Hubungan pemberian penguatan (Reinforcement) terhadap peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Banyuwangi. SOSIOEDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 51–59. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/890/608

Muma, O. M. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mendampingi Masalah Nilai Akademik Rendah Pada Siswa Kelas XI IPS-2 Di SMA Negeri 1 Langke Rembong. Universitas Sanata Dharma.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1.

Novauli M, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 45–67.

Nurhayu. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Pekanbaru. UIN SUSKA RIAU.

Pitriani, P., Hendriana, H., & Supriatna, E. (2020). Gambaran Kesadaran Siswa Terhadap Kedisiplinan di SMP Negeri 4 Cipeundeuy. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3), 116–122. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/5672

Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat dan Perspektifnya. Jurnal Manajamen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1).

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Purwandari, D. N. (2013). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Pembelaran Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Putro, S. E., Rinawati, A., & Muh, U. (2013). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 278–289.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rizkita, K., & Saputra, B. R. (2020). Bentuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik dengan Penerapan Reward dan Punishment. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 69–73. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.663

Rufaedah, E. A. (2018). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 4(1), 14–30.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suharni, & Purwanti. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Syamsul Anam, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.

Tri, D. W., Fitri, D. A., & Milu, A. S. (2021). Indikator pembelajaran efektif dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 2 Bondowoso. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2–5.

Triwahyuni, E., Lolongan, R., Riswan, R., & Suli’, S. (2019). Peranan Konsep Teori Behavioristik B. F. Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah. Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar, 10.

Wiradimadja, A. (2021). Konsep Dasar IPS dengan Pendekatan CLIL. Jagat Litera.

Zaini, R. (2014). Studi Atas Pemikiran B.F. Skinner Tentang Belajar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1.

Zuhri, A. M. (2020). Hukuman Dalam Pendidikan Konsep Abdullah Nasih ’Ulwan dan B.F Skinner. Ahlimedia Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 267 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v8i1.15652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats