IDENTIFIKASI KENAMPAKAN ALAM KABUPATEN PACITAN SEBAGAI BAHAN AJAR IPS KELAS V SD

Endah Nurjanah, Muhamad Rifai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kenampakan alam Kabupaten Pacitan yang memiliki potensial sebagai bahan ajar IPS kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validasi yang digunakan untuk menguji kebenaran adalah triangulasi sumber penelitian. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kenampakan alam Kabupaten Pacitan yang memiliki potensi untuk dijadikan bahan ajar sesuai dengan materi pembelajaran IPS kelas V SD materi kenampakan alam dan buatan, yaitu: (1) Kenampakan alam Pantai Kasap (2) Kenampakan alam Pantai Klayar (3) Kenampakan alam Pantai Pidakan (4) Kenampakan alam Gua Gong (5) Kenampakan alam Gua Tabuhan (6) Kenampakan alam Sungai Maron (7) Kenampakan alam Sungai Cokel (8) Kenampakan alam Sungai Grindulu (9) Kenampakan alam Gunung Limo (10) Kenampakan alam Telaga Sono (11) Kenampakan alam sumber air panas Tirto Husodo. 


Keywords


bahan ajar; IPS SD; kenampakan alam

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogia. 1(1): 88.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos. 3(2):63.

Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pujiati, R.H. & Yuliati, U. (2008). Cerdas Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Sutoyo, L.A. (2009). Ilmu Pengetahuan Sosial 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Wiyani, N.A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 2039 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i1.1361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats