PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KOLONIALISME EROPA DI INDONESIA MELALUI MODEL MAKE A MATCH PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMPN NGEBEL PONOROGO

Rias Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa kelas VII SMPN Ngebel Ponorogo terhadap pemahaman kolonialisme Eropa di Indonesia melalui penerapam model make a match picture. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kelas sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VII B. Pengambilan datanya dengan tes, observasi, dan wawancara, serta dianalisis kualitatif interaktif. Hasil dari ulangan harian khusus kelas ini 73% belum bisa mencapai ketuntasan. Mengingat pentingnya pemahaman yang benar terhadap materi IPS ini, kami menemukan langkah yang sesuai antara materi dengan model pembelajarannya, yaitu Make A Match Picture. Ternyata ada peningkatan, baik aktifitas maupun pemahaman. Aktifitas pada siklus I 88 % (target 76%), siklus II menjadi 100%, sedangkan pemahaman walau baru 61% dan belum mencapai target yaitu 76%, tapi pada siklus II meningkat menjadi menjadi 84% (targetnya 80).


Keywords


aktivitas; model make a match picture; pemahaman

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono, (2015). Belajar & Pembelajaran. Kerjasama Departemen Pendidikan & Kebudayaan dengan Penerbit Rineka Cipta. Jakarta, PT Asdi Mahasatya.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian tindakan Kelas. Jakarta, Prenadamedia Group

Qonita Alya, (2009), Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar, Anggota IKAPI-PT Indahjaya Adipratama

Sardiman A.M., Endang M, Dyah R Suryo, (2006). Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Solo, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Marwati Djoned Poesponegoro, Nugroho Notosusanto (Cetakan ke-5, 1984) Sejarah Nasional Indonesia III, IV Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, PN Balai Pustaka

Sardiman A.M., Endang Mulyani, Dyah Respati Suryo, (2006). Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Solo, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.


Article Metrics

Abstract has been read : 654 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i1.1357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats