PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII G SMPN 2 PONOROGO

Sri Harmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Ponorogo. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK).  Peneliti dibantu 4 guru IPS sebagai observer. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII G SMP Negeri 2 Ponorogo semester genap 2015-2016, dengan jumlah siswa 32 orang, 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan melalui dua siklus. Data yang dikumpulkan meliputi data proses dan hasil belajar. Pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analilsis data menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Aktivitas belajar siswa mencapai 62,76% pada siklus I menjadi 80,16% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar pada siklus I  75% naik menjadi 96,88% pada siklus II.


Keywords


Numbered Heads Together; aktivitas; hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Kagan, S. (2009). Cooperative Learning. San Clemente:Kagan Publising

Melati. (2011). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Melalui pembelajaran Model Advance Organizer Berlatar Numbered Heads together(NHT) Pada materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan.Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 619-629.

Moleong. (2005). Metodologi Prnrlitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Predana Media

Setyanto, J. (2011). Penerapan Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Tugas Menulis Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Motivasi, Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Blitar. Tesis tidak diterbitkan. Malang:Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Solihatin dan Raharjo. (2009). Cooperative Learning Analisis ModelPembelajaran IPS. Jakarta:Bumi Aksara.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang:Aditya Media Publising.

Widodo dkk. (2011). Penerapan pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas VII SMP Pada Poko Bahasan Besaran Dan pengukuran. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7:42-46.


Article Metrics

Abstract has been read : 1302 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i1.1356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats