Nilai Tradisi Karapan Kerbau Masyarakat Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat Sebagai Penguatan Nilai Karakter Masyarakat

Fitria Yuliana, Salamah Salamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) tradisi karapan kerbau pada masyarakat Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; 2) nilai tradisi karapan kerbau pada masyarakat Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; 3) penguatan nilai karakter masyarakat dari nilai tradisi karapan kerbau pada masyarakat Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.  Metode penelitian  ini bersifat kualitatif dengan pendekatan etnografi penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sumbawa Barat  mengenai tradisi Karapan Kerbau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa Tradisi karapan kerbau merupakan sebuah tradisi masyarakat agraris Sumbawa Barat yang dilaksanakan pada saat awal musim tanam. Tradisi ini dilaksanakan dalam lokasi persawahan  berlumpur yang telah digenangi oleh air. Nilai-nilai dalam tradisi karapan kerbau, jika dilihat dari segi sosial tradisi ini dijadikan sebagai sarana silaturahmi dalam artian puncak-puncak sosiokultural antara agama dan masyarakat ini ada dalam pelaksanaan tradisi karapan kerbau. Dalam proses pelaksanaan tradisi karapan kerbau terdapat nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai penguatan nilai karakter masyarakat yaitu nilai kerja sama, nilai sportifitas, nilai budaya, nilai ekonomi, nilai pendidikan, nilai tolong-menolong, nilai saling menghargai, nilai kejujuran dan saling percaya, nilai estetik, nilai sosiokultural, nilai luhur kebersamaan dan kekerabatan, nilai luhur kedermawanaan, nilai mengayomi, nilai religius, nilai tanggung jawab, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, nilai toleransi.

Keywords


Tradisi; Karapan Kerbau; nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Aldayana, E., Kenedy, J., Fatmawati, F., Suharli, S., & Batulante, A. (2021). INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL SUMBAWA (FILOSOFI BARAPAN KEBO) DALAM PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Kependidikan, 6(1), 28-35.

Jalaluddin, J. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Tradisional Karapan Kerbau Terhadap Perkembangan Globalisasi Pada Masyarakat Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat Universitas Hamzanwadi].

Oktaviani, R. (2019). Mengenal Tradisi Barapan Kebo di Kabupaten Sumbawa. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5).

Ritzer, G. (2004). Teori sosiologi modern.

Saputra, H., Yuliatin, R. R., & Kailani, A. (2020). Kajian Gerak dalam Pertunjukan Tari Barapan Kebo di Sanggar Sareng Nyer Kabupaten Sumbawa Barat. TAMUMATRA: Jurnal Seni Pertunjukkan, 3(1).

Soerjono, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press.

Solichin, S. (2015). Implementasi Nilai Karakter. PT Bumi Aksara.

Ulung, G. (2015). Uniauley Lombok-Sumbawa. Gramedia.

Wahid, M. H. F. (2019). Lawas Sebagai Salah Satu Wujud Budaya Sumbawa. Seminar Internasional Riksa Bahasa,

Wijaya, H. (2017). Peran Budaya Karapan Kerbau Dalam Merekatkan Hubungan Sosial Masyarakat Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Besar-Ntb (Studi Deskriptif Analisis Terhadap Pengembangan Nilai-Nilai Budaya Pendidikan IPS). Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 11(2), 188-199.

Zulkarnain, A. (2015). Tradisi dan Adat Istiadat Samawa. Penerbit Ombak.


Article Metrics

Abstract has been read : 27 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i2.10433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats