PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA SISWA KELAS III SDN 1 JENANGANPONOROGO

Siti Nur Nahdiyatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Make A Match pada siswa kelas III SDN 1 Jenangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III
SDN 1 Jenangan yang berjumlah 22 siswa. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 1 Jenangan.Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang mengalami kenaikan.Pada
pra siklus nilai rata klasikal siswa = 61,55, siklus II = 70,00, siklus III = 79,23. Jika dilihat dari nilai KKM, pada pra siklus terdapat 9 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM atau sebesar 40,91% dan 13 siswa masih berada di bawah KKM (59,09%). Pada siklus I ada 15 siswa yang nilai diatas KKM (68,18%), terdapat kenaikan sebesar 27,27%. Sementara siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM menurun menjadi 7 siswa (31,82%). Sedangkan pada siklus II
jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 20 siswa (90,91%)dan masih ada 2 siswa dibawah KKM (9,09%).


Keywords


Metode Make A Match; Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1669 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i2.1032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gulawentah: Jurnal Studi Sosial Metrics:

Office:
Pascasarjana Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : gulawentah@unipma.ac.id

 


web
analytics
Gulawentah My Stats