EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA A. WAHID HASYIM GADINGMANGU PERAK TAHUN 2012/2013

Mohammad Imron Rosyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) prestasi belajar ekonomi siswa
kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 dengan diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajarannya, (2)
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012 tanpa
diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam
pembelajarannya, (3) efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X SMAN
Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Bandarkedungmulyo tahun 2011/2012,
yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling
kelas, diperoleh X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji t (uji beda) dua sampel berpasangan dengan
pengolahan datanya menggunakan SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan
mean prestasi belajar kelas eksperimen 79,23 dan mean prestasi belajar kelas kontrol 67,70.
Selain itu, juga diperoleh nilai probabilitas (p) < taraf signifikan (á) yang ditetapkan dan thitung
> t-tabel, dengan keterangan angka 0,00 < 0,05 dan 6.95 > 2,042. Maka Hipotesis nol
(Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Keywords


Numbered Heads Together (NHT); Prestasi Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 154 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v2i2.627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

      
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
View EQUILIBRIUM Stats