Strategi dalam mengembangkan usaha industri rumahan (home industry) untuk meningkatkan pendapatan UMKM RIMIKAS di Tanjung Selor

Macmud Al Amrie, Eni Erdiani

Abstract


Indonesia merupakan negara berkembang di mana perekonomian menjadi masalah utama yang harus dihadapi oleh negara berkembang dan ekonomi global yang selalu berubah-ubah membuat negara berkembang harus siap untuk menghadapinya. salah satu cara yang saat ini dapat dilakukan oleh negara Indonesia dalam mengatasi masalah tersebut adalah fokus terhadap usaha mikro ekonomi.   Home Industry adalah salah satu dari usaha mikro yang dapat dijalankan oleh siapa saja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian pemerintah daerah dan provinsi Kalimantan Utara dalam membantu mengembangkan UMKM yang baru akan merintis usaha, birokrasi akan meminjam modal usaha juga susah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengembangkan usaha industri rumahan (home industry) dalam meningkatkan pendapatan UMKM RIMIKAS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang terdiri dari observasi dan wawancara dengan pemilik, dan  data sekunder yang terdiri dari jurnal, buku, laporan hasil penelitian, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1)  Strategi mengembangkan usaha yang dilakukan rumah produksi RIMIKAS untuk meningkatkan pendapatan UMKM dengan cara meningkatkan kualitas produk,  menetapkan harga yang terjangkau, mempromosikan produk dengan mengandalkan relasi, kenalan, atau teman, dan mendistribusikan produk keluar kota. 2) Campur tangan pemerintah dalam menjalankan usaha berupa pelatihan, bantuan alat produksi, dan perijinan buat usaha.  


Keywords


Strategi; Home Industry; UMKM; Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Agustina, Yenni, and Fatma Khaira .(2020). Analisis Pengembangan Home Industry Kerupuk Tempe di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi). Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi Vol.VIII, (No.1) : 46-48

Anggito. A & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi:CV Jejak

Argo, Muhammad Sapto, dkk. (2021). Peningkatan Pendapatan Kesejahteraan Keluarga Di Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Pada Penjual Makanan Di Kawasan Boulevard II Kelurahan Sindulang Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado). Jurnal Ilmiah Society. Vol. 1, (No. 1): 3

Asrori, Mohammad. (2013). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah Vol.5, (No.2) : 164-165.

Fawaid, Achmad, and Erwin Fatmala. (2020). Home Industry sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Al qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan Vol.14, (No.1): 110-116.

Halim, Abdul. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan Vol.1, (no.2) : 162-167.

Hamdi, Khairil, and Dorris Yadewan. (2019). Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri sebagai Peluang Kaum Perempuan Menuju Industri Kreatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol,3 (special issue) : 110-112.

Handayani, Jasella Dkk. (2020). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Shopping Goods. Journal Of Business And Banking. Vol.10, (No.1): 92-93.

Huda, Miftahul, and Mu’arrifah. (2020). Analisis Strategi Pengelolaan Zakat Untuk Pemberdayaan Masyarakat di Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta. Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP) Vol.03, (No.02) : 815-816.

Imsar. (2020). Strategi Home Indutri Konveksi Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat Kota Binjai (Studi Kasus Abu Bakar Konveksi Mencirim Binjai Timur). Jurnal Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan Vol.1, (no.2) : 51-53.

Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia PP No. 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Pelindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jakarta.

Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri Dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, Vol.IX, (no.1) : 2-5.

Kompas.Com. (2021). Pengembangan Usaha: Pengertian, Jenis, Aspek, Dan Strateginya.https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/26/150051369/pengembangan-usaha-pengertian-jenis-aspek-dan-strateginya diakses pada 03 April 2023.

Magdalena, Windiana. (2022). Pengertian dan Strategi Pengembangan Usaha. https://seller.bukalapak.com/info/blog/sellerguide/118884pengembangan-usaha-adalah-pengertian-dan-strateginya diakses pada 03 April 2023.

Martowinangun, Kasino, dkk. (2019). Pengaruh Strategi Promosi terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Co-Management Vol. 1, (No.2): 141

Mingseli. (2020). 9 Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli. https://www.mingseli.id/2020/09/pengertian-dokumentasi.html diakses pada 25 Juli 2023.

Mufid, Kholiful Asep, and Norma Rosyidah. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Umkm dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Luwung Kec Sidoarjo Kab Sidoarjo (Studi Kasus Home Industri Kerupuk Puli Desa Luwung Sidoarjo). The 3rd ICO EDUSHA, Vol.3, (No.1) : 117-118.

Mufreni, Alfin NF. (2016). Pengaruh Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol.2, (No.2): 49.

Purwanti, Endang. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemsaran terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti Vol.5, (No.9) : 13-16

Purwanti, Endang. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti Vol. 5 No. 9 : 16.

Raharja, Jaja Sam’un, and Sari Usih Natari. (2021). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4, (No.1) : 111-112.

Rahmadani, suci. (2021). Analisis Strategi Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Padang Brahrang Kec. Selesai Kab. Langkat (Studi Kasus Pada Home Indsutri Krupuk & Kripik). Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.2, (No.3) : 116-117.

Riyanto, Maria. (2021). Analisis Strategi Bersaing Bisnis Home Industry. DeReMa (Development of Research Management) : Jurnal Manajemen, Vol.16, (No.2) : 230-232.

Suatma, Jasa. (2013). Analisis Startegi Inovasi Atribut Produk dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Skuter Matik Merek Honda Vario di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang. Vol.5, (No.2): 20-22.

Suparwo, Adi dkk. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Baju Bayi Indra Collection. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1, (No.2) : 210.

Syahrizal, Hasan, M. Syahran Jailani. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, Vol.1, (No.1) : 18-18.

Widiati, Ari. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemsaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Vol.8, (No.2): 70-74.


Article Metrics

Abstract has been read : 133 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v12i1.18105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats