Pengaruh motivasi belajar, dan kualitas pembelajaran mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah PIE mikro

Ridaul Innayah, Hendra Purwanto, Handaru Indrian Sasmito Adi, Candra Aeni

Abstract


Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro merupakan matakuliah yang penting untuk dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi, khususnya pada materi permintaan dan penawaran. Hal ini mengingat profil lulusan yang akan dihasilkan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi, diantaranya adalah lulusan yang mampu bekerja di sektor pendidikan, perusahaan, dan sebagai wirausaha. Pada matakuliah ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk dapat memahami konsep dan teorinya saja, akan tetapi juga dituntut dapat memecahkan permasalahan dalam soal-soal ekonomi. Agar dapat menyelesaikan masalah pengantar ilmu ekonomi mikro dengan baik, mahasiswa perlu banyak mengerjakan latihan soal. Akan tetapi dari hasil pengamatan dosen, masih banyak mahasiswa yang hanya menyalin jawaban temannya. Fenomena tersebut menjadikan kurang efektifnya tujuan pembelajaran, khususnya dalam kemampuan pemecahan masalah yang bagus. Motivasi belajar dan kualitas pembelajaran adalah faktor yang berperan penting dalam kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini: mencari tahu bagaimana pengaruh secara parsial motivasi belajar dan kualitas pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah PIE mikro, serta bagaimana motivasi belajar dan kualitas pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah PIE mikro. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : 1)terdapatpengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam matakuliah PIE mikro sebesar 38,9%, 2) kualitas pembelajaran mahasiswa berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam matakuliah PIE mikro sebesar 43,6%, dan 3) Secara simultan motivasi belajar dan kualitas pembelajaran mahasiswa memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah PIE mikro sebesar 45,6%.

Keywords


Motivasi Belajar; Kualitas Pembelajaran; Kemampuan Mahasiswa; Pemecahan Masalah; dan PIE mikro

Full Text:

PDF

References


Amin, M., Ulia, N., & Yustiana, S. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV. 35–45.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Vokasional, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index

Ayunia, R., & Marlena, N. (2022). 2022) 599-608 Accredited. Jurnal Mantik, 6(1), 599–608. www.iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/index

Lailiyyah, S., Sunismi, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence melalui strategi formulate share listen create dan metode suggestopedia pada materi aritmetika sosial. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(7), 69–76.

Nisrina, N. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8249

Rahmah, A. T., Aniswita, A., & Fitri, H. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas Viii Mtsn 3 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1174

Rahmawati, & Anggria Septiani Mulbasari. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. Inomatika, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.159

Sappaile, B. I., & Pristiwaluyo, T. (2019). the Effect of Learning Motivation and Self-Concept on Mathematical Problems. Jurnal Daya Matematis, 7(1), 49. https://doi.org/10.26858/jds.v7i1.8845

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191

Sembiring, M. (2020). M Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Berbantukan Model Problem Based Learning. Sepren, 1(02), 46–56. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.194

Siswa, K., Sma, D. I., & Sentajo, N. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Guru Ekonomi terhadap Kepuasan Siswa di Sma Negeri 2 Sentajo Raya (Siti Mukroni). 140–150.

Sitompul, P. K., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Daring Berbantu PowerPoint dimasa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Batang Angkola [Analysis of Mathematical Problem Solving Ability in PowerPoint Assisted Online Learning during the Covid-1. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 85–90.

Supriatna, A. R. (2013). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI ACTIVE LEARNING IN HIGH EDUCATION (ALIHE) PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPA SD DI JURUSAN PGSD FIP UNJ. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.271.3

Winardi, W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended Winardi. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 420–431.

Wulandari, E. A., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Kelas VII [The Relationship between Learning Motivation and Students’ Mathematical Problem-Solving Ability in Class VII]. Pendidikan Matematika, 1, 397–405.


Article Metrics

Abstract has been read : 301 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v11i2.17392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Indexing by:

   
  
 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya ISSN: 2303-1565 (printed) , E-ISSN: 2502-1575 (Online)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International View EQUILIBRIUM Stats