Sistem Kendali Lampu Pada Smart Home Berbasis IOT (Internet of Things)

Dody Susilo, Churnia Sari, Galas Widya Krisna

Abstract


Penggunaan internet di dunia sudah meluas dan telah banyak menghasilkan  sebuah konsep terbaru yang bernama Internet Of Things konsep ini berdasarkan dengan meluasnya pengguna internet dan keuntungan dari konsep ini bisa mengembangkan mikrokontroler dan sensor oleh karena itu hadir sebuat perancangan sistem kendali Lampu pada Smart Home berbasis Iot (Internet of Things) dengan menggunakan Web Browser yang dapat mengendalikan dengan mudah  peralatan elektronik khusunya pada lampu pada perancangan ini menggunakan Iot yaitu Node MCU yang tersambung dengan relay metode yang dipakai yaitu dengan menekan status pengaturan On/Off pada halaman web dan sistem kendali akan merepon permintaan  halaman web dengan mengubah nya menjadi sebuah reaksi pada sistem kendali On/Off pada lampu .untuk mengakses nya ke web halaman browser sistem kendali lampu dengan mengunakan IP Addres yang terhubung dengan wifi kita sambungan kan  sehingga sistem kendali dapat diguanakan melalui internet.hasil yang didapat dari sistem kendali lampu dengan web browser berhasil dan sesuai dengan keinginan peneliti dan jarak yang dapat di tempuh bisa sampai 50 meter dan jika jarak yang di tempuh terdapat penghalang makan sistem akan mengalamin gangguan atau ketidak stabilan sinyal.

Keywords


Internet of Things; Sistem kendali; Smart Home

Full Text:

PDF

References


H. Awal, "Perancangan Prototype Smart Home Dengan Konsep Internet Of Thing ( IoT) Berbasis Web Server," Majalah Ilmiah, vol. 26, pp. 64-79, 2019.

R. Darmaji, "Comparative Analisys Of Web Browser And Web Browser Election Guide Develoment Analisis Perbandingan Web Browser Dan Pengembangan Panduan Pemilihan Web Browser," pp. 1-4, 2014.

R. Y. Endra, A. Cucus, F. N. Afandi and M. B. Syahputra, "MODEL SMART ROOM DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNTUK EFISIENSI SUMBER DAYA," Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika(Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), vol. 10, no. No.1, 2019.

M. F. Wicaksono, "Implementasi Modul Wifi Nodemcu Esp8266 Untuk Smart Home," Jurnal Sistem Komputer Unikom-KOMPUTIKA, vol. 6, no. No.1, 2017.

Y. Firmansyah and P. , "Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Pelayanan Anggota Pada Cu Duta Usaha Bersama Pontianak," Bianglala Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta, vol. 5, no. No. 2, 2017.

H. A. Purnamasari, L. A. S. M, R. and A. Mourits, "Perancangan Sistem Kendali Penerangan Dan Peralatan Listrik Melalui Media Nirkabel HC-05 Berbasis Android," UNSRAT Repository, pp. 1-8, 2020.

N. H. L. Dewi, "Prototype Smart Home Dengan Modul NodeMCU ESP8266 Berbasis Internet of Things (IoT)," Repository UNIM, vol. 2019, pp. 1-9, 2019.

D. Kurnianto, A. M. Hadi and E. Wahyudi, "Perancangan Sistem Kendali Otomatis pada Smart Home menggunakan Modul Arduino Uno," Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. 5, no. No. 2, 2016.

A. Nurhuda, B. Harpad and M. S. A. Mubarak, "Kendali Lampu Menggunakan Perintah Suara Berbasis Node MCU," SEBATIK, vol. 23, no. No. 1, 2019.

P. W. Purnawan and Y. Rosita, "Rancang Bangun Smart Home System Menggunakan NodeMCU Esp8266 Berbasis Komunikasi Telegram Messenger," Tecno.com, vol. 18, no. No.4, 2019.

L. Setiyani, K. Suhada and Y. , "Perancangan dan Implementasi IoT (Internet of Things) pada Smarthome Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android," SIMETRIS, vol. 10, no. No. 2, 2019.

S. T. Nurhadiyan and M. Junaedi, "Prototype Smart Home Dengan Konsep Iot (Internet of Thing) Berbasis Nodemcu Dan Telegram," SIMIKA, vol. 3, no. No. 1, 2020.


Article Metrics

Abstract has been read : 3810 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/electra.v2i1.10504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ELECTRA : Electrical Engineering Articles

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

==================================================================================

ELECTRA : Electrical Engineering Articles

Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNIPMA
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63117
Phone +62 351 462986 ext. 313
Fax +62 351 459400
Website http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/electra/
Email electra@unipma.ac.id
DOI doi.org/10.25273/electra
ISSN 2747-0539 (Online) | 2745-598X (Print)

 

Indexed by:
        
       

 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Stats's here!