ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PEMBENTUKAN HOLDING BUMN FARMASI PADA PT KIMIA FARMA, Tbk dan PT INDOFARMA, Tbk

Nur Linda, Sri Hermuningsih

Abstract


Kinerja keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan karena dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengevaluasi efisien dan efektivitas dari aktivitas perusahaan yang telah dilaksanakan pada periode waktu tertentu sehingga memudahkan manajer untuk mengambil kesimpulan. Terdapat banya alat ukur yang dapat digunakan dalam pengukuran kinerja keuangan yang dapat menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan antara lain dengan rasio keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah pembentukan Holding BUMN Farmasi pada perusahaan PT Kimia Farma, Tbk dan PT Indofarma, Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan uji beda yaitu untuk membedakan atau membandingkan kineja keuangan perusahaan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang dihitung menggunakan CR (curent ratio), DER (debt to equity ratio), ROE (return on equity), ROA (return on asset), NPM (net profit margin), dan TAT (total asset turnover). Hasil analisis secara umum berdasarkan rasio keuangan yaitu pada perusahaan PT Kimia Farma, Tbk terdapat peningkatan setiap tahun selama pembentukan Holding BUMN Farmasi sedangkan untuk PT Indofarma terdapat penurunan pada rasio likuiditas (CR) dan profitabilitas (ROA, ROE, NPM) selain itu terdapat peningkatan pada rasio solvabilitas (DER) dan TAT.

Keywords


kinerja keuangan;CR; DER; ROE; ROA; NPM; TAT

Full Text:

PDF

References


Andi, Nur, A, M (2022). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Farmasi Yang Terdaftar Di Bei). Skripsi Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 30488-Full_Text.pdf (unismuh.ac.id)

Devianna, N (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Holding Company Bumn Tahun 2011-2018 [Studi Pada Perusahaan Holding Company Bumn (Parents Company)]. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.

Hutabarat, Francis (2020). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan. Banten: Indonesia. Penerbit Desanta Muliavistama.

Kasmir. 2019. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta: Indonesia. Prenadamedia Group.

Listyarini, E., Hermuningsih, S., & Wiyono, G. (2021). Analisis Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Economic Value Added Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(2), 63-72. https://doi.org/10.30738/sosio.v7i2.9904

PT Indofarma (Persero) Tbk. (2019). Laporan Tahunan PT Indofarma (Persero) Tbk Tahun Buku 2019. Jakarta.

PT Indofarma (Persero) Tbk. (2020). Laporan Tahunan PT Indofarma (Persero) Tbk Tahun Buku 2020. Jakarta

PT Indofarma (Persero) Tbk. (2021). Laporan Tahunan PT Indofarma (Persero) Tbk Tahun Buku 2021. Jakarta.

PT Kimia Farma (Persero) Tbk. (2019). Laporan Tahunan PT Kimia Farma (Persero) Tbk Tahun Buku 2019. Jakarta.

PT Kimia Farma (Persero) Tbk. (2020). Laporan Tahunan PT Kimia Farma (Persero) Tbk Tahun Buku 2020. Jakarta

PT Kimia Farma (Persero) Tbk. (2021). Laporan Tahunan PT Kimia Farma (Persero) Tbk Tahun Buku 2021. Jakarta. Rahmadita, Diva (2022). Analisis Kinerja Keuangan PT Kimia Farma (Persero) Tbk Sebelum dan Sesudah menjadi Anggota Holding BUMN Farmasi. KTTA thesis, Politeknik Keuangan Negara STAN.

Rina, J (2022). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Pada Pt. Kimia Farma Tbk Dan Pt. Indofarma Tbk. Skripsi Ekonomi dan Manajemen Bisnis.

Utoyo, et, al. (2019). Apakah Pembentukan Holding Meningkatkan Kinerja Perusahaan? Analisis Perbandingan Kinerja Anak Perusahaan ABC BUMN Holding Sebelum dan Setelah Holdingisasi dan Faktor yang Mempengaruhinya. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 9 Nomor. 2.

Wardhany, D, D, A., Hermuningsih, S., & Wiyono, G. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Lq45 Pada Periode 2015-2018). Ensiklopedia of Journal. 2(1), 216-224. https://doi.org/10.33559/eoj.v2i1.388

Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar : Udayana University Press.

LINK : https://www.biofarma.co.id/id/holding-bumn-farmasi


Article Metrics

Abstract has been read : 995 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v6i2.14488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: