MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PADA DEALER TDM KOTA BIMA

Israhmatun Inayah, Intisari Haryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan Kepuasan konsumen secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen pada Dealer Honda TDM Kota Bima, Populasi nya adalah pelanggan yang ada pada Dealer Honda  TDM Kota Bima, sedangkan Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan tehnik accidental sampling , Teknik accidental sampling merupakan cara pengambilan sampel secara aksidental (accidental) dengan mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian, Penelitian menggunakan metode pengambilan sample menggunakan teori Ferdinand. Dan diperoleh sample sebanyak 100 responden. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji Validitas,Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear berganda,Koefisien Korelasi, Uji Determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Hubungan Pelanggan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen  pada Dealer Honda TDM Kota Bima. 2)Terdapat pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen  pada Dealer Honda TDM  Kota Bima. 3) Terdapat Pengaruh Hubungan Pelanggan  dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Pada Dealer Honda TDM Kota Bima.


Keywords


CRM; Kepuasan; Loyalitas.

Full Text:

PDF

References


Agiesta, W., Sajidin, A., and Perwito. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 5(1): 1653.

Aini, T. N. 2020. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variable Intervening.” Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) 1(2): 88–98.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Billah, A. M., Purnama, I. 2021. “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Di Cafe Bee Ginning Kota Bima).” Jambura 4(2): 155–61.

Dewi, A. B. C, and Samuel, H. 2015. “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Sushi Tei Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 3(1): 1–9.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.

Handayani, E. N., and Pratama, Y. E. 2019. “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 6(3).

IMelisa, I., Haryanti, I. 2020. “Pengaruh Hubungan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Krida Dinamika Autonusa Bima).” Journal of Business and Economics … 1(2): 139–44.

Ishak, A., and Luthfi, Z. 2011. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs.” Jurnal Siasat Bisnis 15(1): 55–66.

Kolonio, J., and Soepeno, D. 2019. “Pengaruh Service Quality , Trust , Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada CV. Sarana Marine Fiberglass.” Pengaruh Service Quality…. 831 Jurnal EMBA 7(1): 831–40.

Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.

Pradana, F. 2018. “Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta.” Jurnal Manajemen Bisnis 9(2): 193–212.

Putri, Y. L., and Utomo, H. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa).” Among Makarti 10(1): 70–90.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Tjiptono, F. 2016. “Service, Quality & Satisfaction.” In Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract has been read : 766 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v6i1.13694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: