Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Analysis Ability Mahasiswa

Enceng Yana, Acep Komara, Aan Anisah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi berbantuan game edukatif berbasis android, sehingga dihasilkan media pembelajaran akuntansi berupa game edukatif  yang  valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian  pengembangan ini adalah ADDIE. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam hal ini berupa lembar validasi, angket respons mahasiswa, test dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran game eduktif yang dikembangkan valid, praktis dan efektif sesuai dengan tujuan penelitian serta mampu meningkatkan kemampuan analysis ability mahasiswa khususnya pada pokok materi rekonsiliasi bank.

ABSTRACT

This research aims to develop accounting learning media assisted with android-based educational games, therefore, valid, practical and effective accounting learning media produced. The model used in this research development is ADDIE, while the techniques of data collection used are questionnaires in the form validation sheets, students' response sheets, tests, and documentation study. The technique of data analysis used is a descriptive percentage by changing the quantitative data to become percentage form. The results of this study indicate that the development of educational learning media is valid, practical, and effective, it is in accordance of the study and can improve students' skill in analyzing the ability especially on bank reconciliation subject.


Keywords


Pengembangan Game edukatif; Android; Kemampuan Analisis Mahasiswa; Development of Games Educative; Analysis Ability

Full Text:

PDF

References


Amory, A. (2007). Game object model version II: a theoretical framework for educational game development. Educational Technology Research and Development, 55(1), 51–77.

Asriyatun, A., & Nugroho, M. A. (2014). Pengembangan Game Edukatif Berbasis RPG Maker XP Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1).

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.

Ditto, R. P. & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Developing Android Based Educational Game As A Means Of. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , Vol . XIV , No . 1 , Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 25–34. https://doi.org/10.1016/j.ces.2008.11.012

Furió, D., GonzáLez-Gancedo, S., Juan, M.-C., Seguí, I., & Rando, N. (2013). Evaluation of learning outcomes using an educational iPhone game vs. traditional game. Computers & Education, 64, 1–23.

Hake, R. (n.d.). R.(1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D. Measurement and Reasearch Methodology.

Koontz, N. A., Hill, D. V, Dodson, S. C., Capps, A. E., Kamer, A. P., Frank, M. S., & Heitkamp, D. E. (2018). Electronic and Social Media-based Radiology Learning Initiative: Development, Implementation, Viewership Trends, and Assessment at 1 Year. Academic Radiology, 25(6), 687–698.

Lawler, P. A., King, K. P., & Kreber, C. (2002). Planning for effective faculty development: Using adult learning strategies. Alberta Journal of Educational Research, 48(4).

Maryana, R., & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan lingkungan belajar. Prenada Media.

Maryati, M., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Sumintono, B. (2019). Measuring Teachers’ Pedagogical Content Knowledge Using Many-Facet Rasch Model. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3).

Moreno-Ger, P., Burgos, D., Martinez-Ortiz, I., Sierra, J. L., & Fernández-Manjón, B. (2008). Educational game design for online education. Computers in Human Behavior, 24(6), 2530–2540.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Phua, P. L., Wong, S. L., & Abu, R. (2012). Factors Influencing the Behavioural Intention to use the Internet as a Teaching-Learning Tool in Home Economics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 180–187. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.263

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Syaefullah, D. (2017). Game Edukasi Rpg Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1).

Pratiwi, A. R., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Game Akuntansi Berbasis RPG Maker sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(3).

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.

Saidah, I. N., & Nugroho, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Menggunakan Adobe Flash Cs5. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1).

Sari, A. C., Fadillah, A. M., Jonathan, J., & Prabowo, M. R. D. (2019). Interactive Gamification Learning Media Application For Blind Children Using Android Smartphone in Indonesia. Procedia Computer Science, 157, 589–595.

Stolaki, A., & Economides, A. A. (2018). The Creativity Challenge Game: An educational intervention for creativity enhancement with the integration of Information and Communication Technologies (ICTs). Computers & Education, 123, 195–211.

Sudjana, M. S. (n.d.). Metoda Statisitika edisi ke 6. Bandung: Tarsito.

Tiarasari, A. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2).

Utomo, S. W. (2012). Pengaruh Prestasi Belajar Perencanaan Pengajaran dan Micro Teaching Terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 56–65.


Article Metrics

Abstract has been read : 2374 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v8i2.4916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Enceng Yana, Acep Komara, Aan Anisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter