Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Analysis Ability Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v8i2.4916Keywords:
Pengembangan Game edukatif, Android, Kemampuan Analisis Mahasiswa, Development of Games Educative, Analysis AbilityAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi berbantuan game edukatif berbasis android, sehingga dihasilkan media pembelajaran akuntansi berupa game edukatif yang valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam hal ini berupa lembar validasi, angket respons mahasiswa, test dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran game eduktif yang dikembangkan valid, praktis dan efektif sesuai dengan tujuan penelitian serta mampu meningkatkan kemampuan analysis ability mahasiswa khususnya pada pokok materi rekonsiliasi bank.
ABSTRACT
This research aims to develop accounting learning media assisted with android-based educational games, therefore, valid, practical and effective accounting learning media produced. The model used in this research development is ADDIE, while the techniques of data collection used are questionnaires in the form validation sheets, students' response sheets, tests, and documentation study. The technique of data analysis used is a descriptive percentage by changing the quantitative data to become percentage form. The results of this study indicate that the development of educational learning media is valid, practical, and effective, it is in accordance of the study and can improve students' skill in analyzing the ability especially on bank reconciliation subject.
Downloads
References
Amory, A. (2007). Game object model version II: a theoretical framework for educational game development. Educational Technology Research and Development, 55(1), 51–77.
Asriyatun, A., & Nugroho, M. A. (2014). Pengembangan Game Edukatif Berbasis RPG Maker XP Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1).
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.
Ditto, R. P. & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Developing Android Based Educational Game As A Means Of. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , Vol . XIV , No . 1 , Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 25–34. https://doi.org/10.1016/j.ces.2008.11.012
Furió, D., GonzáLez-Gancedo, S., Juan, M.-C., SeguÃ, I., & Rando, N. (2013). Evaluation of learning outcomes using an educational iPhone game vs. traditional game. Computers & Education, 64, 1–23.
Hake, R. (n.d.). R.(1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D. Measurement and Reasearch Methodology.
Koontz, N. A., Hill, D. V, Dodson, S. C., Capps, A. E., Kamer, A. P., Frank, M. S., & Heitkamp, D. E. (2018). Electronic and Social Media-based Radiology Learning Initiative: Development, Implementation, Viewership Trends, and Assessment at 1 Year. Academic Radiology, 25(6), 687–698.
Lawler, P. A., King, K. P., & Kreber, C. (2002). Planning for effective faculty development: Using adult learning strategies. Alberta Journal of Educational Research, 48(4).
Maryana, R., & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan lingkungan belajar. Prenada Media.
Maryati, M., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Sumintono, B. (2019). Measuring Teachers’ Pedagogical Content Knowledge Using Many-Facet Rasch Model. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3).
Moreno-Ger, P., Burgos, D., Martinez-Ortiz, I., Sierra, J. L., & Fernández-Manjón, B. (2008). Educational game design for online education. Computers in Human Behavior, 24(6), 2530–2540.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Phua, P. L., Wong, S. L., & Abu, R. (2012). Factors Influencing the Behavioural Intention to use the Internet as a Teaching-Learning Tool in Home Economics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 180–187. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.263
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Syaefullah, D. (2017). Game Edukasi Rpg Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1).
Pratiwi, A. R., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Game Akuntansi Berbasis RPG Maker sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(3).
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.
Saidah, I. N., & Nugroho, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Menggunakan Adobe Flash Cs5. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1).
Sari, A. C., Fadillah, A. M., Jonathan, J., & Prabowo, M. R. D. (2019). Interactive Gamification Learning Media Application For Blind Children Using Android Smartphone in Indonesia. Procedia Computer Science, 157, 589–595.
Stolaki, A., & Economides, A. A. (2018). The Creativity Challenge Game: An educational intervention for creativity enhancement with the integration of Information and Communication Technologies (ICTs). Computers & Education, 123, 195–211.
Sudjana, M. S. (n.d.). Metoda Statisitika edisi ke 6. Bandung: Tarsito.
Tiarasari, A. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2).
Utomo, S. W. (2012). Pengaruh Prestasi Belajar Perencanaan Pengajaran dan Micro Teaching Terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 56–65.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.