Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi dan Pengampunan Pajak

Lita Dwi Damayanti, Nik Amah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Modernisasi sistem administrasi dan pengampunan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Madiun. Pengambilan sampel menggunakan tehnik Insidental. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang menjadi karyawan di kota Madiun sejumlah 558 wajib pajak yang mengikuti pengampunan pajak. Dengan Rumus solvin sehingga di dapat sampel sejumlah 235. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Modernisasi sistem administrasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Madiun, (2) Pengampunan pajak secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan wajib Pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratma Madiun, (3) Modernisasi sistem administrasi dan pengampunan pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Madiun.

Full Text:

PDF

References


Arifin Adhitya Febrian.(2015). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama, Perbanas, Vol. 1, No.1.

Arikunto, Suharsimi.(2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Candra, Wibisono dan Mujilan.(2013). Modernisasi Sistem Administrasi dan Kepatuhan Wajib Pajak, Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, Vol 1. No.1.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 ed 7 . Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Irawan dan Khairani.(2013). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Palembang,eprints.mdp.

Kesuma,A.I. (2016). Pengampunan Pajak (Tax Amnesti) sebagai Upaya Optimalisasi Fungsi Pajak. Jurnal Ekonomi Keuangan, dan Manajemen, vol. 12,(2), h: 270-280.

Ngadiman dan Huslin, Daniel. (2015). Pengaruh Sunset Police, Tax Amnesti, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan), Jurnal Akuntansi, Vol. XIX, No.02, h: 225-241.

Pandiangan, Liberti. (2014). Modernisasi Perpajakan Pedoman Praktis Bagi Wajib Pajak Di Indonesia.Jakarta : Erlangga.

Priyatno, Duwi. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Purwono,Heri.(2010). Dasar-Dasar Perpajakan & Akuntansi Pajak. Jakarta :Erlangga.

Rahayu, Sri dan Lingga, Ita salsalina. (2009). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan wajib pajak, jurnal Akuntansi, Vol.1 No.2, h: 119-138.

Sakti, Nurransa W dan Hidayat, A. (2016). Tax Amnesty Itu Mudah. Jakarta : PT Visimedia Pustaka.

Sufren, Yonatan Natanael.(2013). Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta. Sutedi, Adrian. (2011). Hukum Pajak. Jakarta : Sinar Grafika.

Sutedi, Adrian. (2011). Hukum Pajak. Jakarta : Sinar Grafika.

Yuliana, R. dan Isharijadi (2014). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Keadilan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Madiun, Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, vol.3 No.2, h: 164-178.


Article Metrics

Abstract has been read : 5843 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v7i1.1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Lita Dwi Damayanti, Nik Amah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter