Analisis Efisiensi Biaya Dengan Menggunakan Metode Lot For Lot Dalam Pengendalian Persediaan

Citra Anggraini, Isharijadi Isharijadi, Nik Amah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terjadinya efisiensi biaya melalui metode lot for lot dalam mengendalikan persediaan pada PT. INKA (Persero) Madiun. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor INKA yang beralamat di Jalan Yos Sudarso No. 71, Kota Madiun pada bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Juli 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, dengan sumber data pihak manajer divisi keuangan departemen akuntansi dan divisi logistik departemen perencanaan dan pengendaliaan pengadaan PT. INKA (Persero) Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini, digunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian: analisis efisiensi biaya dengan menggunakan metode lot for lot dalam pengendalian persediaan studi kasus (PT. INKA (Persero) Madiun) menunjukkan bahwa perusahaan dalam menerapkan pengendalian persediaan dengan baik, dapat dilihat dari jumlah bahan baku produksi yang terpenuhi atau tidak terjadi kekurangan bahan baku pada kegiatan produksinya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan guna meningkatkan pengendalian persediaan yaitu: jenis bahan baku dalam memproduksi Kereta Ekonomi (K3) AC terdiri dari 326.801,75 komponen bahan baku utama, harus dipisahkan sehingga memudahkan perhitungan kebutuhan proyek pada periode berikutnya. Perhitungan metode moving average yang diterapkan PT. INKA (Persero) Madiun saat ini masih mengeluarkan biaya penyimpanan yang besar sehingga terjadi pemborosan biaya pada perusahaan. Perhitungan metode moving average dan metode lot for lot yang telah dianalisis, maka didapat hasil perhitungan menggunakan metode lot for lot lebih efisien karena jumlah pesanan sesuai dengan kebutuhan yang akan diproduksi.


Keywords


efisiensi biaya; metode lot for lot; pengendalian persediaan; PT. INKA (Persero) Madiun

Full Text:

PDF

References


Gobel, M. (2013). Analisis Efisiensi Biaya Operasional melalui Pengelolaan Tunjangan Makan dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan pada Perusahaan Jasa Outsourcing.Jurnal EMBA. Vol. 1(4) : 1868-1878.

Handoko, T. H. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Horngren, C. T., Datar, S. M., dan Foster, G. (2008). Akuntansi Biaya, Penekanan Manajerial. Jilid 1. Terjemahan Lestari. Jakarta: Erlangga.

Limbong, I., Tarore, H., Tjakra, J., dan Walangitan, D. R. O. (2013). Manajemen Pengadaan Material Bangunan dengan Menggunakan Metode MRP (Material Requirement Planning) Studi Kasus: Revitalisasi Gedung Kantor BPS Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal Sipil Statik. Vol. 1 (6) : 1-9.

Mardiasmo. (2012). Akuntansi Keuangan Dasar 2 Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Martani, D., Siregar, S. V., Wardhani, R. F., Aria, T., dan Edward. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK Edisi 2 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Ristono, A. (2013). Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Robbins, S. P. dan Coulter, M. (2010). Manajemen. Edisi Kesepuluh Jilid 1. Penerjemah: Bob Sabran dan Devri Barnadi Putera. Jakarta: Erlangga

Samryn, L. M. (2015). Pengantar Akuntansi: Buku 2 Metode Akuntansi untuk Elemen Laporan Keuangan Diperkaya dengan Perspektif IFRS dan Perbankan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sofyan, D. K. (2013). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. EdisiPertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subagyo, P. (2009). Manajemen Operasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. R & D. Bandung: Alfabeta.

Teurah, M. C. (2014). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Tuna pada CV. Golden KK. Jurnal EMBA. Vol. 2. No. 4. Hal. 524-536.

Wahyuni, A. dan Syaichu, A. (2015). Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Produk Kacang Shanghai pada Perusahaan Gangsar Ngunut-Tulungagung. Jurnal Spektrum Industri. Vol. 13(2) : 115-228.


Article Metrics

Abstract has been read : 740 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v6i2.1514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

           

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter