Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko di Kota Madiun

Mahmudah Masyhuri, Supri Wahyudi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dampak keberadaan pasar modern Alfamart dan Indomaret terhadap pasar tradisional Sleko di Kota Madiun, 2) Mengetahui apakah keberadaan pasar modern Alfamart dan Indomaret menyebabkan turunnya aktivitas  pasar tradisional Sleko di Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel dipilih dengan teknik probability sampling yaitu sebanyak empat pedagang tradisional dari masing-masing kategori pedagang yang diteliti dan satu orang dari pengelola pasar tradisional yang diwakili oleh Kepala Pasar Sleko Kota Madiun, serta empat pembeli di pasar tradisional Sleko dan empat pembeli di pasar modern Alfamart dan Indomaret. Hasil menujukkan bahwa dampak keberadaan pasar modern Alfamart dan Indomaret terhadap pasar tradisional Sleko di Kota Madiun yaitu pedagang sayuran dan pedagang buah tidak mengalami pengaruh terhadap omset dan konsumen. Sedangkan dampak bagi pedagang sembako yakni mengalami turunnya omset dan berkurangnya konsumen. Oleh karena itu, keberadaan Alfamart dan Indomaret tidak menyebabkan menurunnya aktivitas pasar tradisional Sleko dalam hal jual beli. Pasar Sleko pun masih memiliki konsumen walaupun keberadaan Alfamart dan Indomaret berlokasi di dekat pasar.


Keywords


Omset; Jumlah Konsumen; Aktivitas Pasar; Pasar Modern; Pasar Tradisional

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Cetakan Pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelimabelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, D. (2011). Efek Pendapatan Pedagang Tradisional Dari Ramainya Kemunculan Minimarket Di Kota Malang. Jurnal Dinamika Manajemen, 2 (2), 169-180.

Asribestari, R. dan Setyono, J. S. (2013). Pengaruh Daya Tarik Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Komparasi Pasar Karangayu Dan Giant Superdome). Jurnal Teknik PWK, 2 (3), 539-548.

Darmadi, H. (2013). Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Cetakan Kesatu. Bandung: CV Alfabeta.

Dharmmesta, B. S. dan Handoko, T. H. (2013). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen Edisi Pertama. Cetakan Keenam. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kotler, P., dan Keller, K, L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Terjemahan oleh Adi Maulana dan Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen: Dalam Prespektif Kewirausahaan. Cetakan Kedua. Bandung: CV Alfabeta.

Nuraini, E. dan Merdekawati, D. (2013). Ekonomi: Untuk SMA/MA Kelas X. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Patilima, H. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Keempat. Bandung: CV Alfabeta.

Peraturan Daerah Kota Madiun No. 32 Th. 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar. (2011). Madiun: Pemerintah Kota Madiun.

Peraturan Daerah Kota Madiun Nomor 06 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Madiun Tahun 2010-2030. (2011). Madiun: Pemerintah Kota Madiun.

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 53/M-DAG/PER/12/2008 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern. (2008). Jakarta: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Peter, J. P. dan Olson, J. C. (2013) .Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan oleh Dwiandani, D. T. Jakarta: Salemba Empat.

Probowati, A. (2011). Strategi Pemilihan Supplier Dalam Supply Chain Management Pada Bisnis Ritel, 7(1). Diakses pada 1 April 2016, dari http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/611/585.

Rahayu, S. E dan Bahri, H. (2014). Studi Komparatif Perubahan Pendapatan Usaha Warung Tradisional Sebelum Dan Sesudah Adanya Warung Retail Modern Di Kecamatan Medan Timur. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14 (2), 151-165.

Sarwono, H. dan Sunyoto, D. (2014). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro: (Teori dan Soal). Edisi Terbaru. Yogyakarta: CAPS.

Sangadji, E. M. dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Peneleitian. Edisi Pertama. Yogyakarta: ANDI.

Sukesi, Sugiyono. (2009). Dampak Keberadaan Pasar Pasar Modern Terhadap Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Kota Balikpapan). DIE – Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 5 (4), 155-184.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen Bisnis Ritel: Teori, Praktik, dan Kasus Ritel. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Sunyoto, D. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen: Teori, Koesioner, Alat, dan Analisis Data. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan Kesembilan. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan Ketujuh Belas. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Kedelapan. Bandung: CV Alfabeta.

Soliha, E. (2008). Analisis Industri Ritel Di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 15, 128-142.

Sopiah dan Syihabudhin. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Edisi Pertama. Yogyakarta: ANDI.

Utomo, T. J. (2011). Persaingan Bisnis Ritel Tradisional VS Modern. Fokus Ekonomi, 6(1), 122 – 133.


Article Metrics

Abstract has been read : 21448 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mahmudah Masyhuri, Supri Wahyudi Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter