AKUNTANSI KETOPRAK: SEBUAH PENDEKATAN ETNOGRAFI MASYARAKAT SENI KETOPRAK DI PATI

Purweni Widhianningrum, Nik Amah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaknai praktik akuntansi pada masyarakat seni budaya ketoprak di Pati, dan untuk mengetahui rekonstruksi konsep akuntansi pada masyarakat seni budaya ketoprak yang sarat dengan nilai budaya lokal. Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah seni pertunjukan rakyat tradisional yang menampilkan sandiwara diselingi dengan lagu-lagu Jawa dan diiringi gamelan (alat musik tradisional Jawa). Seni ketoprak yang ada di Pati kebanyakan adalah ketoprak tanggapan yaitu ketoprak yang dihelat karena adanya permintaan pada suatu hajatan. Penulis mengamati seni ketoprak di Pati sebagai sebuah organisasi dan sarana penghidupan bagi seniman yang tergabung dalam grup seni ketoprak tersebut. Data diperoleh dari informan (anggota dari kelompok budaya seni ketoprak di Pati) melalui pengamatan berpartisipasi, wawancara mendalam dengan para informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi ekonomi yang diperoleh hanyalah sebagai sarana untuk melestarikan serta menjamin kelangsungan hidup kelompok seni ketoprak. Hasil rekonstruksi konsep akuntansi pada masyarakat seni budaya ketoprak menunjukkan bahwa akuntansi dipandang sebagai kegiatan pencatatan yang berhubungan dengan angka serta kalkulasi dalam kegiatan ekonomi yang sarat dengan nilai kejujuran serta tanggung jawab

Keywords


Akuntansi; Ketoprak; Etnografi

Full Text:

PDF

References


Bestari Dwi Handayani. 2011. Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dengan Pendekatan Balance Scorecard. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1): 74-89.

Dor Hansen dan Maryanne M. Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Freddy, Rangkuti. 2011. SWOT Balanced Scorecard (Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengeola Kinerja dan Risiko). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, Vincent. 2003. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis Dan Pemerintah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Imam Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik.Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyadi. 2007. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Ni Ketut Rasmini, Ni Luh Supadmi, dan Ni Luh Putu Herawati Sucandra. 2009. Penilaian Kinerja Badan Rumah Sakit Umum Tabanan Berdasarkan Balanced Scorecard. Jurnal (Online), (http://ojs.unud.ac.id, Diunduh 20 Januari 2014).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta,cv.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. 2013. Cara mudah menyusun: SKRIPSI, TESIS dan DISERTASI. Bandung: Alfabeta,cv.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yuwono Sony dkk. 2004. Petunjuk Praktis Penyusunan Balance Scorecard (Menuju Organisasi Yang Berfokus Pada Strategi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract has been read : 2064 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v3i2.1218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter