PENGARUH PEMANFAATAN BUKU PENUNJANG DAN JAM TAMBAHAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 1 WUNGU KABUPATEN MADIUN

Authors

  • Harum Dwi Febriyanti Program Studi Pendidikan Akuntansi-FPIPS IKIP PGRI MADIUN
  • Supri Wahyudi Utomo Program Studi Pendidikan Akuntansi-FPIPS IKIP PGRI MADIUN
  • Juli Murwani Program Studi Pendidikan Akuntansi-FPIPS IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jap.v3i2.1215

Keywords:

Buku Penunjang, Jam Tambahan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh buku penunjang dan jam tambahan belajar, baik secara bersama-sama ataupun secara mandiri terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS pada SMAN 1 Wungu Kabupaten Madiun. Buku penunjang yang dilakukan siswa di dalam kelas dan bimbingan yang dilakukan guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penentuan sampel di dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu semua siswa kelas XII pada SMAN 1 Wungu jurusan IPS jumlahnya 57 orang. Pengumpulan data menggunakan metode kuesiones/angket dan dokumentasi. meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi berganda. Dalam menganalisis data mengguankan bantuan program SPSS For Windows versi 16.0 dengan rumus regresi linier berganda dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dianalisis menggunkan uji t dan uji F dengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku penunjang berpengaruh positif tapi sangat kecil dan tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Sedangkan jam tambahan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar maka dapat disimpulkan bahwa jam tambahan belajar di luar sekolah mempengaruhi hasil belajar secara signifikan dan positif sehingga apabila jam tambahan belajar  ditingkatkan maka hasil belajar juga akan meningkat secara signifikan. Dan juga buku penunjang dan jam tambahan belajar di luar sekolah secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar karena hasil signifikan dan juga positif sehingga, apabila buku penunjang dan jam tambahan belajar ditingkatkan maka akan meningkatkan hasil belajar secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2007. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Departemen Pendididkan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Duwi Priyatno. 2009. SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.

Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia.

Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Josi Gelar Suganda. 2012. Pengaruh Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 5 SMA Negeri 2 Jember. (http; // josigelar.bloggspot.com//file// karya tulis-jose Shy.Htm. diunduh Mei 2014).

Kokom Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : PT Refika Aditama.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Renika Cipta.

Rena. 2014 . Pengaruh Buku Penunjang Sebagai SumberBelajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo Palu

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013 Cara Mudah menyusun Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitiaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sumarwiyah. 2009. Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar. (http// www.lontar.net/red/531f067eof236a525sc33c49 diunduh 15 Juni 2014)

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Tulus TU’U. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wina Sanjaya. 2013. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta :Kencana Prenadamedia.

Yusuf Wibisono. 2005. Metode statistik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Downloads

Published

2014-10-10

Issue

Section

Articles