PENGARUH METODE DISKUSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DD-CT (DEEP DIALOGUE-CRITICAL THINKING) DENGAN PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 GEGER MADIUN

Authors

  • Alfi Qurrota A’yuni Program Studi Pendidikan Akuntansi-FPIPS IKIP PGRI MADIUN
  • Satrijo Budiwibowo Program Studi Pendidikan Akuntansi-FPIPS IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jap.v3i2.1214

Keywords:

Metode Diskusi, Model Pembelajaran DD-CT (Deep Dialogue–Critical Thinking), Pemberian Penguatan, Prestasi belajar akuntansi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Apakah metode diskusi dengan model pembelajaran DD-CT (Deep Dialogue-Critical Thinking)  dengan pemberian penguatan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Geger tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan menyiapkan pengelolaan kartu aktiva tetap, 2) Apakah metode diskusi dengan model pembelajaran DD-CT (Deep Dialogue- Critical Thinking)  tanpa pemberian penguatan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Geger tahun ajaran 2013/2014 pada pokok bahasan menyiapkan pengelolaan kartu aktiva tetap. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Geger sejumlah 62 siswa. Penentuan sampel dengan teknik sampling jenuh yaitu penentuan sampelnya sejumlah populasi, 30 siswa kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik. Hasil uji hipotesis dengan uji-t (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung = 1,833 dan ttabel = 1,645 sehingga thitung > ttabel, berdasarkan kriteria maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa Metode diskusi dengan model pembelajaran DD–CT (Deep Dialogue- Critical Thinking) dengan pemberian penguatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Geger

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aulya Nanda dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRL) Berbasis Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) Dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika (Online),Vol.2, No.3,(http://library.unej.Ac.id/client/en_US/default/search/asset/1112;jsessionid=6E9B613F5A26AB41EE2DECAD59087574?qu=SRI+HASTUTI&ps=300. Diunduh 20 Februari 2014).

Budiyono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi. 2009. Pengaruh Pemanfaatan Powerpoint Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol.15, No.2: 99-112.

Dewi Salma Prawiradilaga. 2008. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Erwin Sujanto. 2011. Sukses Belajar dan Mengajar Dengan teknik Memori. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamdani. 2011. Strategi Balajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih . 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni, H. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jonathan Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ngalim Purwanto, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Reni Akbar Hawadi. 2004. Akselerasi. Jakarta: Grasindo.

Rusman. 2013. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Soemarso. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta Bandung.

Supri Wahyudi Utomo. 2012. Pengaruh Nilai Perencanann Pengajaran dan Nilai Mikro Teaching Terhadap Nilai PPL Mahasiswa Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI MADIUN. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Vol. 1, No.2: 56- 65.

Syaiful Bahri Dan Aswan Zain. 2010. Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

________________.2013. Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta

¬¬¬________________. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2014-10-10

Issue

Section

Articles