PERBEDAAN PERSEPSI SISWA DAN GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) IKIP PGRI MADIUN PENDIDIKAN AKUNTANSI TAHUN 2013 ADA SMK DI KABUPATEN MADIUN TAHUN AJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.25273/jap.v3i1.1208Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi SosialAbstract
Persepsi siswa dan guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa yang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan kadangkala berbeda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pengalaman belajar dan mengajar, penerapan teori dan praktek serta faktor teknis dan non teknis dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi siswa dan guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa PPL IKIP PGRI Madiun pendidikan akuntansi pada SMK di Kabupaten Madiun tahun 2013 ditinjau dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Populasi penelitian ini adalah siswa dan guru pamong SMK PGRI Wonoasri dan SMK Negeri 1 Geger yang berjumlah 179 orang. Sedang sampel penelitian ini adalah sebanyak jumlah populasi (sampling jenuh), sehingga diperoleh sampel sebanyak 177 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji Man Whitney Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik lebih besar dibandingkan dengan nilai mean persepsi guru pamong terhadap kompetensi pedagogik (90,22 > 54,33). Akan tetapi perbedaan nilai mean antara persepsi terhadap kompetensi pedagogik antara siswa dan guru pamong tidak berbeda secara signifikan (0,089 > 0,05). Nilai mean persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian lebih besar dibandingkan dengan nilai mean persepsi guru pamong terhadap kompetensi kepribadian (89,66 > 70,17). Akan tetapi perbedaan nilai mean antara persepsi terhadap kompetensi kepribadian antara siswa dan guru pamong tidak berbeda secara signifikan (0,351 > 0,05). Nilai mean persepsi siswa terhadap kompetensi sosial lebih besar dibandingkan dengan nilai mean persepsi guru pamong terhadap kompetensi sosial (89,05 > 87,67). Akan tetapi perbedaan nilai mean antara persepsi terhadap kompetensi pedagogik antara siswa dan guru pamong tidak berbeda secara signifikan (0,947 > 0,05). Nilai mean persepsi siswa terhadap kompetensi profesional lebih besar dibandingkan dengan nilai mean persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional (90,12 > 57,00). Akan tetapi perbedaan nilai mean antara persepsi terhadap kompetensi profesional antara siswa dan guru pamong tidak berbeda secara signifikan (0,110 > 0,05).Downloads
References
Duwi Priyatno 2010."Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS".Yogyakarta: Gava Media.
"Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS".Yogyakarta: Gava Media
Elly. dkk, 2011. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta : Kencana.
Gabriel Amin, 2003. Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: CV. Citramedia.
Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Univ. Diponegoro.
Jamil Suprihatiningrum. 2013. Guru Profesional Pedoman, Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Janawi. 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Martinis Yamin. 2008. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sarlito Wirawan Sarwono, 2011. Teori-teori psikologi social. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofyan Siregar. 2011.Statistika Deskriptif untuk Penelitian.Jakarta:Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
Unit Praktik Kependidikan IKIP PGRI MADIUN.2012. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Madiun: IKIP PGRI Madiun.
Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah R.I. Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar.2010.Bandung: Citra Umbara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.2006.Jakarta: CV.Eko Jaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Perjanjian Lisensi dan Hak Cipta
Saat mengirimkan naskah ke jurnal, penulis menyatakan bahwa:
- Mereka diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk masuk ke dalam perjanjian ini.
- Karya yang dimaksud belum pernah diterbitkan secara resmi sebelumnya, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah, resensi, tesis, atau overlay jurnal yang diterbitkan.
- Karya yang dimaksud tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain,
- Publikasi karya yang dimaksud telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang bertanggung jawab - secara tahu sama tahu atau eksplisit - dari lembaga tempat pekerjaan itu dilakukan.
- Mereka mengamankan hak untuk mereproduksi materi apa pun yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
- Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta berikut.
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara daring (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Their co-authors authorize them to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except as an abstract or part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material already published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and more extraordinary citations of published work.
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.