PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY INDEKS TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDY PADA PERUSAHAAN INFRASTRUKTUR, UTILITAS, DAN TRANSPORTASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA)

Ika Mar’atus Sholihah, Elva Nuraina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility indeks terhadap kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini, kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan ROA (Return On Asset). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang listing di Bursa Efek Indonesia dan menerbitkan annual report pada tahun 2010-2012 di website www.idx.co.id dengan menggunakan metode purposive judgemen. Metode analisis yang digunakan pada penelitian regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa variabel corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Sementara hasil uji signifikasi diketahui corporate social responsibility indeks secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, hanya variabel kontrol leverage saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan

Keywords


Corporate Social Responsibility; Leverage; Size; ROA

Full Text:

PDF

References


Agung Edy Wibowo. 2012. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.

Asep Hermawan. 2005. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT. Grasindo.

Budi Cahyono. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Moderating. Unpublished Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro..

Danu Candra Indrawan. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. Unpublished Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Diponegoro.

Duwi Prianto. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Faddly Akbar. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi: Universitas Gunadarma.

Handayani Tri Wijayanti. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Manajemen Laba Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol. 22: 67-70.

Irawan dan Basu Swastha. 1981. Lingkungan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE – UGM

I Dewa Ketut. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Unpublished Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Iman Widodo. 2011. Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia). Unpublished Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Krismiaji dan Aryani Anni. 2011. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Lely Dahlia, Silvia Veronica. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005 dan 2006). Jurnal Akuntansi. (1): 1-5 Diunduh 25 Februari 2013.

Marissa Yaparto. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2010-2011. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol.2 No. 1

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Ni Wayan dan Made Gede. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan denagan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi: Universitas Udayana.

Poerwanto. 2010. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati. 2012. Teori Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Reni Hariyani. 2011. Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap perbedaan profitabilitas perusahaan (studi kasus PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi: Universitas Budi Luhur.

Reny dan Denies. 2012. Pengaruh Good Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2007-2010). Jurnal Nominal. Vol 1. No.1

Rulfah M. Daud dan Abrar Amri. 2008. Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi. Vol. 1, No.2 Hal. 213-231.

Stephen Robbins. 2010. Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. 2011. Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Finansial Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai Variabel Intervening. Unpublished Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Vesi, Gusnardi dan Riadi. 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2009-2011). Jurnal Akuntansi. Pendidikan Ekonomi: Universitas Riau.

Wahyu Ardimas. 2011. Pengaruh kinerja keuangandan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada Bank go public yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansii. Fakultas Ekonomi: Universitas Gunadarma.

Referensi Website :

www.globalreporting.co.id di akses pada tanggal 02 Maret 2013.

www.idx.co.id di akses pada tanggal 05 Maret 2013


Article Metrics

Abstract has been read : 3787 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v2i2.1203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter