PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI KENYAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SISTEM INTERNET BANKING PADA NASABAH BANK MUAMALAT CABANG PEMBANTU MADIUN

Sherly Rakhmawati, Isharijadi Isharijadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti emperis pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi kenyamanaan terhadap minat penggunaan sistem internet banking pada nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiun. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis linier berganda dan uji hipotesis diolah dengan SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: kepercayaan dan persepsi kenyamanan secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem internet banking, sedangkan persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem internet banking. Dan seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap minat penggunaan sistem internet banking

Keywords


kepercayaan; persepsi kegunaan; persepsi kemudahan; persepsi kenyamanan; sistem internet banking

Full Text:

PDF

References


Gilang Rizky Amijaya. 2010. Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Hadri Kusuma dan Dwi Susilowati. 2007. Determinan Pengadopsian Layanan Internet Banking Perspektif Konsumen Perbankan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia (Online), Volume 11, No. 2: 105-124, (http://journal.uii.ac.id, Diunduh 5 April 2013).

Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iramadhan & Mahendra A.N. 2012. Pengaruh Persepsi kebermanfatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Journal UNY (Online), Vol. 1, No. 3, (http://www.journal.uny.ac.id, Diunduh 5 April 2013).

Mudrajad Kuncoro. 2007. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sartika Sari Ayu Tjini dan Zaki Baridwan. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking. Jurnal Imliah Mahasiswa FEB (Online), Vol. 1, No. 2, (http://www.jimfeb.ub.ac.id, Diunduh 5 April 2013).

Sauca Ananda Pranidana. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank BCA Menggunakan Klik-BCA. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Chau, P.Y.K. and Lai, V.S.K. 2003. An Empirical investigation of the determinants of user acceptansce of internet banking. Journal of Organizational Computing & Electrocic Commerce. Vol. 13 No. 2, pp. 123-145

Qureshi, T.M., Zafar, M.K. and Khan, M. B. 2008. Customer Acceptance of Online Banking in Developing Economies. Journal of Internet Banking and Commerce. Vol. 13, No.1.


Article Metrics

Abstract has been read : 8335 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v2i2.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter