PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI KENYAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SISTEM INTERNET BANKING PADA NASABAH BANK MUAMALAT CABANG PEMBANTU MADIUN

Authors

  • Sherly Rakhmawati Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI MADIUN
  • Isharijadi Isharijadi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jap.v2i2.1200

Keywords:

kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kenyamanan, sistem internet banking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti emperis pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi kenyamanaan terhadap minat penggunaan sistem internet banking pada nasabah Bank Muamalat Cabang Pembantu Madiun. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis linier berganda dan uji hipotesis diolah dengan SPSS versi 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: kepercayaan dan persepsi kenyamanan secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem internet banking, sedangkan persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem internet banking. Dan seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap minat penggunaan sistem internet banking

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gilang Rizky Amijaya. 2010. Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Hadri Kusuma dan Dwi Susilowati. 2007. Determinan Pengadopsian Layanan Internet Banking Perspektif Konsumen Perbankan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia (Online), Volume 11, No. 2: 105-124, (http://journal.uii.ac.id, Diunduh 5 April 2013).

Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iramadhan & Mahendra A.N. 2012. Pengaruh Persepsi kebermanfatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Journal UNY (Online), Vol. 1, No. 3, (http://www.journal.uny.ac.id, Diunduh 5 April 2013).

Mudrajad Kuncoro. 2007. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sartika Sari Ayu Tjini dan Zaki Baridwan. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking. Jurnal Imliah Mahasiswa FEB (Online), Vol. 1, No. 2, (http://www.jimfeb.ub.ac.id, Diunduh 5 April 2013).

Sauca Ananda Pranidana. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank BCA Menggunakan Klik-BCA. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Chau, P.Y.K. and Lai, V.S.K. 2003. An Empirical investigation of the determinants of user acceptansce of internet banking. Journal of Organizational Computing & Electrocic Commerce. Vol. 13 No. 2, pp. 123-145

Qureshi, T.M., Zafar, M.K. and Khan, M. B. 2008. Customer Acceptance of Online Banking in Developing Economies. Journal of Internet Banking and Commerce. Vol. 13, No.1.

Downloads

Published

2013-10-10

Issue

Section

Articles