DETERMINAN LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK SYARIAH DI KOTA MADIUN)

Nik Amah, Septi Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan loyalitas nasabah pada bank Syariah di Kota Madiun. Determinan loyalitas nasabah yang diteliti meliputi kinerja pelayanan dan kepuasan nasabah. Jika kinerja pelayanan yang disampaikan bank sesuai harapan nasabah, maka nasabah akan merasa puas. Kepuasan menjadi dasar yang baik bagi nasabah untuk mengulang kembali penggunaan jasa bank terkait. Kepuasan nasabah pada tahap berikutnya akan menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian menggunakan data primer dan instrumen pengambilan data berupa kuesioner.  Teknik penghitungan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sejumlah 138 orang nasabah. Penelitian memanfaatkan teknik accidental sampling untuk menetapkan sampel. Analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat, Tbk. Cabang Madiun. Kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat, Tbk. Cabang Madiun. Kinerja pelayanan dan kepuasan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat, Tbk. Cabang Madiun

Keywords


loyalitas nasabah; kinerja pelayanan bank syariah; kepuasan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cronin, Joseph J. and Taylor, Steve A. 1994. SERVPERF Versus SERVQUAL: Reconciling Performance Based and Perception Minus Expectations Measurement of Service Quality. Journal of Marketing, 58: 125-131.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gomez, G. and Sanchez, R. 2005. End-to-End Quality of Service over Cellular Networks. New Jersey: John Wiley & Sons Ltd.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelangan. Jakarta: Erlangga.

Harini, Cicik. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Reputasi, Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Mandiri Cabang Pemuda Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer. Vol. 1. No. 02. hal. 40-51.

Mulyana dan Sufiyanor. 2009. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Sultan Agung. Vol. XLV. No. 119. hal. 73-89.

Priyatno, D. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. 2010 Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani. 2008. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Penerbit Andi. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1311 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter