ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM PADA DESA-DESA DI KABUPATEN MADIUN

Diyah Santi Hariyani, Muhamad Agus Sudrajat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris bahwaaparatur pemerintahan desa berpengaruh terhadap penggunaan teknologi accounting information system pada desa-desa di Kabupaten Madiun sehingga mempermudah aparatur pemerintahan desa dalam hal pengelolaan dan penataan keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) dengan menggunakan teknologi informasi berbasis komputer akuntansi dan pengelolaan keuangan desa, khususnya bagian akuntansi agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi akuntansi dengan baik yang akhirnya bermuara pada dihasilkannya laporan keuangan pemerintaah desa yang andal, tepat waktu, transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur perangkat desa yang ada di Kabupaten Madiun. Sampel 163Aparatur Perangkat Desa Sub Bagian/Tata Kelola Keuangan yang ada di Kabupaten Madiun.Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan perhitungan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji validitas, ujireliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi). Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan perhitungan statistik regresi linier menggunakan rumus AIS = α + β Kompetensi + e

Hasil pengujian menunjukkan, bahwa Kompetensi Aparatur Pemerintah Desa tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadapPemanfaatan/Penggunaan TeknologiAccounting Information System(AIS) pada Desa-Desa di Kabupaten Madiun.

Keywords


Kompetensi Aparatur Pemerintah Desa; Pemanfaatan/Penggunaan AIS

Full Text:

PDF

References


Alimbudiono, Ria Sandra & Fidelis Arastyo Andono. 2004. Kesiapan Sumber Daya Manusia Sub Bagian Akuntansi Pemerintah Daerah “XYZ” dan Kaitannya Dengan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kepada Masyarakat: Renungan Bagi Akuntan Pendidik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Sektor Publik. Vol. 05 No. 02. Hal. 18-30.

ANTARA News. 7 Agustus 2007. Wapres Akui Pemanfaatan TIK Belum Maksimal.

Anthony, Robert N. dan Vijay Govindarajan. 2004. Sistem Pengendalian Manajemen, Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bastian, Indra, 2001. Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Choirunisah, Fariziah. 2008. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas informasilaporan keuangan yang dihasilkan sistem akuntansi instansi. Tesis UGM,Yogyakarta.

Cooper, Donald R. & Pamela S. Schindler. 2003. Business Research Method. Eight Edition. Mc Graw Hill

Dedi Rianto Rahardi. 2007. Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Pelayanan Sektor Publik. Seminar Nasional teknologi 2007.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Februari.

Hevesi, G. Alan. 2005. Standards for Internal Control in New York State Government. www.osc.state.ny.us.

Indriantoro, Supomo. 2002.Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen.Edisi Pertama.Yogyakarta: BPFE.

Mardiasmo. 2002. Otonomi Daerah dan Manajemen Keuangan Daerah, Penerbit : Andi Pustaka. Jogjakarta.

Mardiasmo. 2006. Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance. Jurnal Akuntansi Pemerintah, Vol. 2 No. 1, Hal. 1-17.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods For Business: A Skill-Building Approach. John Wiley and Sons Inc, New York.

Sekaran, Uma. 2013. MetodologiPenelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugijanto. 2002. Peranan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Keuangan dan Implikasi UU No. 22/25 Tahun 1999. Lintasan Ekonomi.Volume XIX Nomor 1.Hal. 50-66.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta

Sujianto, Agus Eko. 2002. Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Struktur Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol.2, No.2, Desember 2001: Hal.125 – 138.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014

Permendagri Nomor 37 Tahun 2007

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010

Wahana Komputer. 2003. Panduan Aplikatif Sistem Akuntansi Online Berbasis Komputer. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Wilkinson, W. Joseph, Michael J. Cerullo, Vasant Raval, & Bernard Wong-On-Wing. 2000. Accounting Information Systems: Essential Concepts and Applications. Fourth Edition. John Wiley and Sons. Inc.

Zuliarti. 2012.Pengaruh Kapasitas SumberDaya Manusia, PemanfaatanTeknologi Informasi, Dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah: Studi PadaPemerintah Kabupaten Kudus.


Article Metrics

Abstract has been read : 2922 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter