Implementasi Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Melalui Teknik Deskripsi Benda Konkret pada Siswa Kelas V di SDN Ngrambe 1 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi

Wiwik Marwanti, Panji Kuncoro Hadi, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperjelas tantangan-tantangan yang dihadapi dalam penggunaan benda konkrit sebagai alat peraga pada saat pembelajaran puisi puisi bebas bahasa Indonesia, serta memberikan saran solusi atas permasalahan yang timbul pada siswa kelas V SDN Ngrambe 1 Ngrambe. Kabupaten, pada semester I tahun ajaran 2022–2023. Penelitian ini menggunakan logika ilmiah dan penalaran induktif untuk menganalisis prosesnya dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Ada tiga puluh anak kelas lima yang terlibat, dan informasi dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menghasilkan puisi puisi bebas meningkat ketika mereka menggunakan hal-hal konkret, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang baik sebesar 78,3 dalam menulis narasi. Metode ini mendorong keterlibatan, memicu kreativitas, dan memupuk kreativitas selama proses pembelajaran.

The study intends to identify and clarify the challenges encountered in using concrete objects as a teaching aid when teaching free verse poetry in the Indonesian language, as well as to suggest solutions for the problems that arise for fifth-grade students at SDN Ngrambe 1, Ngrambe District, during the first semester of the 2022–2023 academic year. The research uses scientific logic and inductive reasoning to analyse the process using a qualitative descriptive technique. There are thirty fifth-grade children involved, and information is gathered via documentation, interviews, questionnaires, and observation. The results show that students' ability to produce free verse poetry is improved when they use concrete things, as demonstrated by their good average score of 78.3 in narrative writing. This method encourages engagement, sparks creativity, and nurturing creativity during the learning process.


Keywords


Writing, concrete object media, free poetry.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter.

Bandung: PT Refika Aditama

_______. (2015). Pembelajaran multileterasi : sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam

konteks keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama

Alwasilah. (2013). Pokoknya menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama

Anggraeni, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan

Adobe Flash CS5 Untuk Smk Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada

Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Brown, H. Douglas.(2001). Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy Second

Edition. New York: Pearson Education Company.

Dalman, H. (2014). Ketrampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2011). Model Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Dzuanda, B. (2010). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri “Gatotkaca”.

Surabaya : Desain Produk Institut Teknik Surabaya

Fitri, J., & Atmazaki. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan

Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri

Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Hanifah. (2014). “Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu

Temanggung). Vol 3 No 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/vi ew /3727.87

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar

berseri berbasis Pop-up Bookuntuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia.

TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66.

Iskandarwassid & Sunendar. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Offset

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika

Adiatama

Kristiantari, Rini. (2010). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar: Menulis Deskripsi dan Puisi. Surabaya:

Media Ilmu.

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap

Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten

Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta

Rusmilawati (2020). Puisi Literasi, Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX : Direktorat

Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus

Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media

gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Suryaman, Maman. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. (2008). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima

Tarigan, Hendri Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Yolandasari, Mega Berliana. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa

Indonesia Di Kelas Ii A Mi Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran

/2020

Zaimar, Okke dan Ayu Basoeki. (2015). Teori wacana. Jakarta: Penaku


Article Metrics

Abstract has been read : 12 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i1.19499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats