Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi

Alvi Kusumah, V. Teguh Suharto, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan mutu aktivitas pembelajaran serta kemampuan menulis cerita pendek dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan emansipatoris dan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes menulis cerita pendek. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Aktivitas pembelajaran menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) Kemampuan menulis cerita pendek dapat ditingkatkan dengan penerapan dengan metode discovery learning menggunakan media audio visual pada siswa Kelas 5 SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.

This research aims to analyze improving the quality of learning activities and the ability to write short stories using the discovery learning method using audio-visual media in Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. The research method uses an emancipatory action research approach and a type of classroom action research. The data source used was 8 grade 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. Data collection in this research was carried out using observation techniques and short story writing tests. The data analysis technique in this research is the Miles & Huberman qualitative descriptive model. The research results found that (1) The learning activity of writing short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media for Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi. (2) The ability to write short stories can be improved by applying the discovery learning method using audio-visual media to Class 5 students at SDN Bangunrejo Lor 3 Ngawi.


Keywords


quality of learning activities, writing ability, short stories

Full Text:

PDF

References


Afdillah, N. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Discovery Learning

Tentang Tumbuhan dan Fungsi Bagian-bagiannya Di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Muhammadiyah 3 Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo. Journal of Chemical Information

and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ahmad, B. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek siswa Kelas VI SD

Negeri Karangjati dengan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan). Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 95–102.

Ahmad, K., Br Ginting, S. U., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan Penguasaan Unsur Intrinsik

Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Smk Swasta Maju Binjai

Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 7–19.

https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.257

Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal of

Education Action Research, 2(2), 142–148.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery

Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa.

Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.

Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62.

https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fujirti, V. R., Nurjamin, A., & Kartini, A. (2019). Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Buku

KUMPULAN Cerpen Doa Untuk Sebuah Negeri Karya Julianty Ismail. Jurnal Pendidikan

Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 9(3), 220–226.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap

Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Hatiningsih, S., & Hanik, E. U. (2023). Penerapan model discovery learning berbantuan

audiovisual pada pembelajaran bahasa indonesia kelas iv mi nu islamiyah kaliwungu

kudus. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 321–329.

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.533

Khaerunnisa, K. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual

terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi (Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas XI

di SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan). Lingua Franca:Jurnal Bahasa,

Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 71. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.2052

Khasanah, S. (2020). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan.

Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 402–410.

Lestari, K., Sulissusiawan, A., & Wartiningsih, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning

Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Hikayat

Menjadi Cerpen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.

Mastini., D. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran

Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah Menengah Pertama. Cerpen, 1,

–34.

Mayora, Syahrul, & Tressyalina. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media

Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1

Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2),

–200. https://doi.org/10.24036/107466-019883

Muhammad, F., & Hupiah, H. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MA Muallimin

NW Pancor 2018/2019. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(2),

https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.1065

Mulyadi, Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal

Visipena, 9(1), 131–146.

Nisa, A. K. A., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2022). Penerapan Media Video dan Model Discovery

Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Teks Cerpen Kelas IX di SMPN

Depok. Basastra, 11(3), 216. https://doi.org/10.24114/bss.v11i3.39368

Nugraheni, N. (2017). Pendampingan Pembuatan Media Audiovisual dalam Pembelajaran di

Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif, 8(1), 120–126.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/download/16480/8372

Nurham. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan

Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 4 Parepare. PERSPEKTIF:

Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 02(2), 248–255.

www.journal.unismuh.ac.id/perspektif%0APENERAPAN

Okthavia, W., Fauziya, D. S., & Kamaluddin, T. (2022). Penerapan Media Film Pendek Untuk

Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita. 5, 193–202.

Prayitno, J. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Taman

Madya Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. ARTIKEL E-JOURNAL UNY.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal

Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.

Salinda, C., Gasanti, R., & Solihin, R. K. (2023). Model discovery learnimg dan media

audiovisual dalam pembelajaran menulis teks biografi. Prosiding Serimbi, 1(1), 17–23.

https://serimbi.pbsiyasika.com/index.php/serimbi/article/view/5

Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan

Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang. Jurnal

PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16.

https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Septeria, N. M. I., Supendi, D. A., & Setiadi, D. (2020). Pengaruh Metode Copy The Master

Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Berbentukan Wag Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri

Kota Sukabumi. 4(1), 207–208. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas

V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. Parafrasa: Jurnal

Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(1), 1–8.

https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1902%0Ahttps://jurnal.unikal.a

c.id/index.php/parafrasa/article/viewFile/1902/1151

Sudirman. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan

Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xi MIPA 3 SMA Negeri 2

Parepare. Istiqra’, 8(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sunarto, M. F., & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan

Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan

Sastra, 21(1), 94–100. https://doi.org/10.21009/bahtera.211.07

Supriatna, D. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Melalui

Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas X-Ipa Di Sman 5 Bekasi Pada

Tahun 2017/2018. Research and Development Journal of Education, 5(1), 125.

https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3393

Suryadi, R., & Nuryatin, A. (2017). Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen Senyum Karyamin

Karya Ahmad Tohari. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 314–

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka

Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam

Di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. BAHTERA

INDONESIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–8.

http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j

.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsev

ier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A

E295FCD8

Wiriaatmadja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya Offset.


Article Metrics

Abstract has been read : 30 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i1.19492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats