Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Reka Gambar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Siswa Kelas VI SD

Puji Nur Rahayu, Dwi Setiyadi, Sigit Ricahyono

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran penemuan teknik rekonstruksi gambar. Siswa menggunakan foto cetakan untuk presentasi mereka pada Siklus I, namun grafik PowerPoint yang menarik digunakan pada Siklus II. Rata-rata nilai kemampuan berbicara pada Siklus I sebesar 66,33 dengan ketuntasan 66%, sedangkan pada Siklus II nilai rata-rata kemampuan berbicara sebesar 80,0 dengan ketuntasan 80%. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasilnya, penggunaan rekonstruksi gambar bersamaan dengan pembelajaran eksplorasi membantu siswa menjadi pembicara yang lebih mahir. Namun, ada masalah dengan kemampuan generalisasinya untuk semua lingkungan pembelajaran.

The goal of the study was to improve speaking abilities by using the discovery learning model to the picture reconstruction technique. Students used print-out photos for their presentations in Cycle I, but interesting PowerPoint graphics were used in Cycle II. The average speaking ability score in Cycle I was 66.33 with 66% mastery, while Cycle II's average score was 80.0 with 80% mastery. These results revealed a significant improvement. As a result, using picture reconstruction in conjunction with exploration learning helps students become more proficient speakers. However, there are issues with its generalizability to all learning environments


Keywords


Speaking Ability, Picture Design Techniques, Discovery Learning Model

Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT

Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Fathurrohman, P & Sutikno, S. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika

Aditama.

Harla, Rabani, L., M, M., & Hasan, S. (2023). Peningkatkan keterampilan berbicara melalui

penerapan model pembelajaran discovery learning siswa kelas va. Journal of Basication

(JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 157–167.

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.18

Hendrizal, Jendriadi & Zein, Riwayati (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery

Learning. Jawa Timur: Kun Fayakun

https://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/download/9558/pdf

https://www.academia.edu/40011101/PENGGUNAAN_TEKNIK_PEMBELAJARAN_REKA_

CERITA_GAMBAR_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERBICARA_B

AHASA_INDONESIA

https://wyw1d.wordpress.com/2009/11/21/model-pembelajaran-reka-cerita-gambar/

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Mulyati, Y., dkk. (2013). Bahasa Indonesia. Banten: Kementerian Pendidikan dan Pendidikan.

Nanuru, D., & Sahetapy, S. (2022). Meningkatkan keterampilan berbicara melalui model

pembelajaran discovery learning pada siswa kelas v sd negeri seilale kecamatan nusaniwe

ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 28–34.

https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue1page28-34

Novianti, A. D., & Triyanasari, D. (2023). Peningkatan hasil belajar tematik integratif di sdn

kawedanan 3 kelas 3 melalui model discovery learning. Pendas : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 8(1), 2113–2117.

https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8314

Purwanto, M.N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Ratmantika, C. J., Sudarmaji, S., & Angraini, N. (2021). Pengaruh penerapan discovery learning

terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas xi smk persada tahun

pelajaran 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia, 3(1), 1–12. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/107

Saddhono, K., & Slamet, St.Y. (2013). Kementrian pendidikan dan kebudayaan tentang metode

pembelajaran penemuan atau Discovery Learning Kemendikbud, 2013

Saddhono, K., & Slamet, St.Y. (2013). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia

(Teori dan Aplikasi). Bandung: CV Karya Putra Darwati.

Sanaky, dan Faizah Hujair AH, S. (2013). Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif.

Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Slamet, St.Y. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Surakarta:

Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan

UNS (UNS Press).

Solchan T.W., dkk. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarigan, H. G. (2018). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Surakarta: Lembaga

Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS

Press).

Uno, H.B. (2014). Model Pembelajaran. Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif

dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract has been read : 18 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v2i3.19430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats