PENGGUNAAN FlipHTML5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK SDN PANGONGANGAN KOTA MADIUN

Widyaningrum Widyaningrum, Bambang Eko Hari Cahyono, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Penelitian ini mengkaji penggunaan FlipHTML5 untuk pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Pangongangan, merinci proses, implementasi, dan tantangan yang dihadapi. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data dari guru, siswa, peristiwa selama penelitian, dan dokumen seperti silabus dan RPP dianalisis. Temuan menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran manual sudah diterapkan, format tulisan siswa kurang menarik. Penerapan FlipHTML5 sudah efektif, namun beberapa siswa menghadapi tantangan seperti kesalahan tautan tugas dan kebingungan terkait pengunduhan file. Masalah internet juga menyebabkan keterlambatan penyerahan tugas.

With an emphasis on the procedure, execution, and obstacles faced, this study seeks to explain and detail the usage of FlipHTML5 as a learning medium for Indonesian language training at SDN Pangongangan. Using a qualitative descriptive research methodology, it collects information from SDN Pangongangan instructors and students as well as from events that happened throughout the investigation and documents such lesson plans, syllabi, and research findings and their documentation. The results show that although the learning process has been carried out, it is not supported by interesting forms that would pique students' interest in writing. Students have not yet completely utilized Chromebooks as a learning medium, despite successful manual learning. FlipHTML5 has been implemented well, since most students are able to create FlipBooks with ease. Difficulties encountered include students being confused about how to obtain files from Canva and convert them to FlipHTML5 files, as well as issues in task link submission and the absence of source links in completed work. There were additional delays in certain pupils' task submission due to internet problems


Keywords


FlipHTML5, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal & Purbawanto, Sugeng. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis LIVEWIRW Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Kurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrik Juornal.

Aprilutfi, Delfita Nur. (2022). Flipbook Tematik: Alternatif Media Pembelajaran PKN Berbasis FlipHTML5 di SD. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume 1 No. 4 April 2022).

Fachrurrazi, A. (2010). Pemanfaatan dan Pengembangan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran. Surabaya: UNIPA Tahun VI No. 11 Tahun 2010.

Fauziah, Anisatul & Wulandari, Siti Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022

Ibrahim, Mochamad Arsad, Fauzan, Muhamad Lutfi Yasin, dkk. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022.

Irwansyah. (2021). Panduan Komposisi Dasar Tari Kreasi Berdasar FlipHTML5 Terintegrasi Platform Video Online Pada Pembelajaran Seni Budaya Di SMA. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya Volume 5, Nomor 2 Tahun 2021.

Izhar. (2019). Peranan Guru Dan Dalam Pembelajaran Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Negeri Semarang.

Khirom, Askhabul. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Al-Murabbi Volume 3, Nomor 1, Desember 2017.

Magdalena, Ina, Shodikoh, Akif Fatakhatus, dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pangi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains Volume 3 Nomor 2 Tahun 2021.

Maisyir, Andhur & Slamet, Legiman. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis FlipHTML5 Sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Meulaboh. Jurnal Vacational Teknik Elektronika dan Informatika Volume 10 Nomor 4 Desember 2022.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Volime VIII No. 2 Tahun 2010.

Purnamasari, Pebria Dheni & Sadewo, Yosua Damas. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 10 No. 3 Oktober 2020.

Ridwan, Iwan & Sumirat, Iin Ratna. (2021). Kebijakan Desentralisasi Pendidikan Di Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA Volume 7 No. 1 Juni 2021.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Agung Tirtayasa Vol. 2, No. 1, Tahun 2019.

Saputra, Romi & Sukma, Elfia. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Fliphtml5 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Problem Solving Di Kelas Iv Sdn 11 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Of Basic Education Studies Volume 5, Nomor 1 2022.

Subijanto. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Efektivitas Desentralisasi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Dan Relevandi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Volume 16 No. 5 Oktober 2010.

Sumirat, Ridwan & Sumirat, Iin Ratna. (2021). Kebijakan Desentralisasi Pendidikan Di Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan Karakter V0lume 7, Nomor 1 Tahun 2021.

Suardipa, I Putu. (2018). Guru Sebagai Inovator Berbasis Higher Order Thinking Skills. Purwadita Volume 2, Nomor 2 September 2018.

Ulum, Badrotul & Wiyatmo, Yusman. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Web FlipHTML5 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Topik Momentum Dan Impuls Kelas X SMA Ditinjau Dari Minat, Kemampuan Awal, dan Respon Pembelajaran. Journal Student UNY.

Wulandari, Putri Amelia, Salsabila, Annisa Anastasia, dkk. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education Volume 5 N0. 02 Januari-Februari 2023.

Yaumi, Muhammad. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. PPs STAIN Pare-Pare, 30 Desember 2017.

Yestiani, Dea Kiki & Zahwa, Nabila. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4 No. 1 Maret 2020.


Article Metrics

Abstract has been read : 15 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v2i3.19418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats