Penerapan Metode Cooperative Learning dan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karangan Sederhana untuk Siswa kelas 4 SD

Ennie Rofingatien, Panji Kuncoro Hadi, Sigit Ricahyono

Abstract


Based on experiences at SD Negeri Pojok 1 Kwadungan, the purpose of this research is to examine collaborative learning and serial media to improve students' writing skills. This study collects data using observation, questionnaires, and documentation methods using the Class Action Research (CAR) approach. Eighteen children from Class 4 SDN Pojok 1 Kwadungan Ngawi are the research subjects. Two cycles of the research are carried out, with each cycle consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. The results show that students' capacity to transfer from the first semester to the second semester has significantly improved, as seen by the retention rate rising from 44.44% to 83.33%. The extremely successful use of visual media and collaborative learning to improve students' performance in essay writing based on lessons learned in Indonesian language education is one of the research's key findings. This study emphasizes how crucial multimodal collaborative learning is in the AI-driven world of today.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kolaboratif dan media serial untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa berdasarkan pengalaman di SD Negeri Pojok 1 Kwadungan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari delapan belas siswa Kelas 4 SDN Pojok 1 Kwadungan Ngawi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Temuannya menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan transfer mahasiswa dari semester satu ke semester dua, dengan tingkat retensi meningkat dari 44,44% menjadi 83,33%. Temuan utama dari penelitian ini mencakup penggunaan pembelajaran kolaboratif dan media grafis yang sangat efektif untuk meningkatkan kinerja siswa dalam menulis esai berdasarkan pembelajaran dalam pengajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pembelajaran kolaboratif multimodal di era digital berbasis kecerdasan buatan (AI) saat ini


Keywords


Cooperative Learning, Series Image Media, Essay Writing Ability

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan

motivasi belajar siswa dan hasil belajar ips di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi

Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa ( Learning

Motivation as Determinant Student Learning Outcomes ). 4(1), 80–86.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Angkowo, R Dan Kosasih, A.(2007).Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Anitah W, Sri, Dkk. ( 2009 ). Materi Pokok Strategi Pembelajaran Di SD. Jakarta : Universitas

Terbuka.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Daryanto.(2011).Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan

Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) SD/MI. Jakarta : Depdiknas.

Djamarah& Zain, (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta ; Rineta Cipta.

Heinich, Robert. (1993). Instructional Media ( And The New Technologies Of Instruction). New York:

Memillan Publishing.

Henry Guntur Tarigan. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Bandung.

Ibrahim, R dan Syaodih,N,S.(2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Johnson, DW dan Johnson, RT. (1994). Learning Together And Alone: Cooperative, And

Individualistic Learning. Boston: Allyn Dan Bacon.

Kemmis, S. Dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University

Press

Mujib, M., & Hanif, M. (2022). Penerapan metode cooperative script berbantuan media audio visual

untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas v sdn 3 karangan badegan

ponorogo. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(2), 211.

https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12801

Musfiqon, H.,M. (2012). Pengembaqngan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi

Pustakaraya.

Sadiman, A.S., dkk.( 2010). Media Pendidikan ; Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya.

Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain System Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group.

Suparno, Mohamad Yunus. ( 2011 ). Materi Pokok Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas

Terbuka.

Susilana, Rudy & Riyana, Cepi. (2008). Media Pembelajaran ; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan

Dan Penilaian. Bandung : CV. Wacana Prima.

Suwarningsih, N. N. (2021). Implementasi model pembelajaran cooperatif learning dengan media

konkret untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran matematika siswa kelas i sd negeri 1

seraya barat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 580–593.

https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1466

Tim Penyususn Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. (2003 ). Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Republik

Waryanti, S. (2020). Penerapan model cooperative learning tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar

siswa pada materi ipa tema 5 ekosistem kelas 5 sdn mentasan 02 tahun 2020. Educatif Journal of

Education Research, 3(3), 103–107. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i3.61


Article Metrics

Abstract has been read : 63 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v2i3.19415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats