Analisis Gaya Bahasa dalam Geguritan Udan Kapang sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v2i2.16514Keywords:
Language Style, Geguritan, Teaching MaterialAbstract
Downloads
References
Ahmadi, Abu & Nur Uhbiyati. 2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Budiningsih, Asri. 2013. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan. Budayanya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2006. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Darmadi, Hamid. 2012. Dasar Konsep Pendidikan Moral Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan Menyatukan yang Tercerai: Bandung: Afabeta.
Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, Dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS Seturan Utara, Sleman.
Inderasari, E., & Achsani, F. (2018). Styles Of Repetition And Comparason Moral Messege In Koplo Genre Dangdut Song (Gaya Bahasa Repetisi Dan Perbandingan Serta Pesan Moral Pada Lirik Lagu Genre Dangdut Koplo). Jurnal Gramatika: jurnal penelitian Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 4 (2), 325-339.
Ismawati, Esti.2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Keraf, gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta:
Laila, A. (2016). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Puisi Melihat Bekerja Karya M Aan Mansyur (Tinjauan Stilistika). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2), 146-163.
Martono, Y. (2013). Tinjauan stilistika dalam kumpulan puisi aku manusia karya a. Mustofa bisri. Jurnal NOSI, 1
(7), 806-816.
Mulyono, Sendang. 2009. Seni Baca Geguritan. Semarang: Bandungan Institute.
Munir, S. (2013). Diksi dan majas dalam kumpulan puisi nyanyian dalam kelam karya sutikno ws: kajian stilistika. Jurnal sastra indonesia, 2 (10, 1-10. Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Robingatun, S. (2015). Analisis gaya Bahasa pada antologi geguritan Abang Mbranang Karya rachmat Djoko Pradopo, ADITYA- Pendidikan Bahasa dan sastra, 3(5), 24-29.
Saputra, H. Karsono. 2001. Puisi Jawa Struktur dan Estetika. Jakarta : Wedatama Widya Sastra.University PressYogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sitompul, Hamzah Nuzulul Fazri. (2014). Analisis Penggunaan Majas Hiperbola Pada Iklan Komersial di Televisi. Universitas Bengkulu.
Syahid, A. (2019). Gaya bahasa dalam lirik lagu shalawat Nissa Sabyan dan Implikasinya terhadap studi stilistika (Ilmu Uslub). Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan sastra arab, 1 91), 195-211
Wahyuni, L. (2017). Pembentukan citra diri dalam puisi kau ini bagaimana atau aku harus bahgaimana karya KH. A. Mustofa Bisri. KEMBARA: Jurnal keilmuan Bahasa, sastra, dan pengajarannya, 2 (2), 187-194.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.