Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Materi Barisan dan Deret Melalui Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal

Seger Seger

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa materi barisan dan deret melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2018 melalui dua siklus dengan 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bangsal meningkat berdasarkan beberapa indicator, diantaranya: (1) meningkatnya keterlaksanaan RPP dari 3.33 menjadi 3.73 pada siklus kedua, (2) hasil belajar belajar siswa menunjukkan peningkatan dari ketuntasan secara klasikal 79.41% menjadi 91.20% pada siklus kedua, (3) aktivitas siswa menunjukkan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa pada kedua siklus dengan prosentase keaktifan 87.50% menjadi 95.56% pada siklus kedua.

Keywords


Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Barisan dan Deret

Full Text:

PDF

References


Abbas, Nurhayati. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Makalah Komprehensif Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Surabaya.

Ali, Mohammad. (2007). Modul Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press.

Asma Nur. (2006). Model pembelajaran problem based learning. Jakarta: Depdiknas.

Bundu Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.

Conny, R. Semiawan. dkk.(1998). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta:Gramedia.

Davidson, N & Karoll, D.L. (1991). An Overview of Research on Cooperatif Learning Related to Mathematics. New York: Holt Rinehart and Winston.

Gede Gunantara, I Made Suarjana, Putu Nanci Riastini. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Vol 2, No 1 (2014). e-ISSN : 2614-4735

Idayati. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas IVMIN Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Islam Segeri Sunan Kalijaga.

Lepinski., (2005), Problem Based Learning: A New Approach To Teaching, Training & Developing Employees. Cokie Lepinski, Assistant Communications Manager Marin County Sheriff’s Office.

Vebriyanti Dwi Anggraini, Amat Mukhadis, Muladi. (2013). Problem based learning, motivasi belajar, kemampuan awal, dan hasil belajar siswa SMK. Vol 19, No 2 (2013). E-ISSN: 2442-8655

Wardani. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yunin Nurun Nafiah, Wardan Suyanto. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 4, No 1 (2014) ISSN: 2476-9401


Article Metrics

Abstract has been read : 442 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats