Penerapan model peta konsep dengan media kartu kata untuk pembelajaran menulis kalimat sederhana siswa kelas III SDN Munggut 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2021/2022

Cahyo Agung Wibowo, Lulus Irawati, Sigit Ricahyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model peta konsep dan media kartu kata dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana, juga untuk menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan yang muncul pada  siswa kelas III SDN Bendo 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah informan, kejadian, dan dokumen, dengan teknik oengambilan data berupa wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Validitas penelitian ini dengan teknik metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berjalan cukup baik  dan para peserta didik sangat menikmati pembelajaran, dan mereka mengikuti pembelajaran dengan gembira. Dan hal ini menjadi kelebihan pembelajarn dengan model peta konsep dan kartu kata. Dan kekurangan dari pembelajaran yang dirasa para siswa adalah mereka kurang mampu dalam mengungkapkan ide dengan kalimat efektif yang menerapkan kosakata baku dan kaidah berbahasa Indonesia secara tertulis menjadi masalah yang muncul.


Keywords


Model Peta konsep Media kartu kata, Pembelajaran Menulis, Kalimat Sederhana

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: VRamaWidya.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Ermaneli. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Peta Konsep Bagi Siswa Kelas III SDN 44 Lubuk Anau Kecamatan Bayang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia –JPGI Volome 3 Nomor 1 Print ISSN: 2541-3163 –Online ISSN: 2541-3317 halaman 70-77

Hamidah, Ida.(2013). Penerapan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana pada Tunarungu. Jurnal Jassi_Anakku Volume 12 Nomor 2 halama 133-141 Tahun 2013

Huda, Miftahkul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irene, dkk. (2018). Buku Penilaian BUPENA Jilid 3A. Jakarta: Penerbit Erlangga

Khasanah, Khuswatun.(2019).Peta Konsep sebagai Strategi meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal EduTrained Volume 3 Nomor 2 halaman 152-164 tahun 2019

Mumtaz, Fairuzul.(2019).Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru

Nidawati.(2013). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Piomir Volume 1 Nomor 1 Juli-Desember 2013 halaman 13-28.

Nurgiantoro Burhan (2015). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: gajah Mada University Press.

Ratri, Rose Kusumaning.(2019). Cakap Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Sanaiyah. (2017). Meningkatkan Kemampuan menyusun Pola-pola Kalimat Sederhana melalui Penggunaan Media Kartu Kata Siswa kelas IV SD Negeri Baliara Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa Volume 6 No 2 Tahun 2017 halaman 65-69. e-ISSN 2252-9896

Santoso, Budi Hermawan dan Subagyo. (2017). Peningkatana Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMP Insan Cedekia Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vikasi Volume 5 Nomor 1 tahun 2017

Setia, Getmi Purnama.(2018). Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Kalimat Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Tema: Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21. Halaman 320-326. ISSN:2528-5564

Siswanto Wahyudi dan Ariani, Dewi. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama

Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Sujarweni, V Wiratna. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru

Sugiono (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbitan Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Thobroni, Muhammada dan Mustofa, Arif. (2013). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Wulan, Neneng Sri.(2014). Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal: Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2 Oktober . halaman 176-184.


Article Metrics

Abstract has been read : 202 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats