Implementasi pembelajaran directed inquiry activity (dia) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi making suggestions and offers di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Puri Mojokerto

Luluk Fajriyah

Abstract


Berdasarkan analisis awal, hasil ulangan kelas XI IPS 2 hanya di bawah 60%, dan antusiasme dalam pembelajaran juga rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan upaya perbaikan pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model Directed Inquiry Activity. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Directed Inquiry Activity pada materi Making Suggestions and Offers di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Kelas XI IPS 2 Semester 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Directed Inquiry Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa, antusias / aktivitas siwa, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.


Keywords


Directed Inquiry Activity , Hasil Belajar, Making Suggestions and Offers

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan, Iif Khoiru Ahmadi. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Arianta, I Made Wijana. (2013). Penerapan model Directed Inquiry Activity untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris dan motivasi siswa kelas VII D2 SMP Negeri 2 Sawan Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Singaraja. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIS UNDIKSA.

Halik, Abdul. (2012). Penerapan Model Directed Inquiry Activity (DIA) Dalam meningkatkan kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 228 Labili-Bili Pinrang . Publikasi, Volume II No. 1 Februari-Mei 2012

Hamaik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ismail, Arif. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

S. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan.akarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. (1995). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.


Article Metrics

Abstract has been read : 22 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats