Implementasi pembelajaran directed inquiry activity (dia) untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi making suggestions and offers di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Puri Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14061Keywords:
Directed Inquiry Activity, Hasil Belajar, Making Suggestions and OffersAbstract
Berdasarkan analisis awal, hasil ulangan kelas XI IPS 2 hanya di bawah 60%, dan antusiasme dalam pembelajaran juga rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan upaya perbaikan pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model Directed Inquiry Activity. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Directed Inquiry Activity pada materi Making Suggestions and Offers di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Kelas XI IPS 2 Semester 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Directed Inquiry Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa, antusias / aktivitas siwa, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Downloads
References
Amri, Sofan, Iif Khoiru Ahmadi. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Arianta, I Made Wijana. (2013). Penerapan model Directed Inquiry Activity untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris dan motivasi siswa kelas VII D2 SMP Negeri 2 Sawan Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Singaraja. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIS UNDIKSA.
Halik, Abdul. (2012). Penerapan Model Directed Inquiry Activity (DIA) Dalam meningkatkan kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 228 Labili-Bili Pinrang . Publikasi, Volume II No. 1 Februari-Mei 2012
Hamaik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Ismail, Arif. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
S. Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan.akarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. (1995). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.