Penerapan model mind mapping dengan media gambar untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi peserta didik Kelas VI SDN Bendo 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2021/2022

Eka Ermiyanti, Lulus Irawati, Dwi Setiyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model mind mapping dan media gambar dalam pembelajaran menulis teks eklspanasi, juga menjelaskan tentang masalah yang dihadapi serta solusi dari masalah yang muncul untuk siswa kelas VI SDN Bendo 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah informan, kejadian, dan dokumen, dengan teknik oengambilan data berupa wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Validitas penelitian ini dengan teknik metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berjalan cukup baik walau ada kandala terkait durasi. Para peserta didik sangat menikmati pembelajaran, dan mampu menyusun teks eksplanasi sesuai struktur teks walaupun mereka masih lemah dalam mengungkapkan ide/gagasan. Kurang mampu mengungkapkan ide dengan kalimat efektif yang menerapkan kosakata baku dan kaidah berbahasa Indonesia secara tertulis menjadi masalah yang muncul. Solusi darin kelemahan peserta didik adalah guru ke memberi penjelasan berulang dan mempertegas kembali penerapan model mind mapping dan gambar. Tambahan kegiatan dan tugas proyek menulis atau ekstra kurikuler jurnalis juga dapat dijadikan solusi dalam mengembangkan pembelajaran menulis bahasa Indonesia

Keywords


Model Mind Mapping, Media Gambar, Pembelajaran Menulis, Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: VRamaWidya.

Azmussya’ni dan Wangid, Muhammad Nur. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media gambar di SDN Sakra. Jurnal Prima Edukasi Volume 2 Nomor 1 Tahun 2014.

Bachri, Bachtiar S (2010). Meyakinkan Validitas Data melalui Trianggilasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendiikan, Volume 10 Nomor 1 Tahun 2010 halaman 46-62

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Ermaneli. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Peta Konsep Bagi Siswa Kelas VI SDN 44 Lubuk Anau Kecamatan Bayang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia –JPGI Volome 3 Nomor 1 Print ISSN: 2541-3163 –Online ISSN: 2541-3317 halaman 70-77

Huda, Miftahkul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irene, dkk. (2018). Buku Penilaian BUPENA. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kholisah, IIs, dkk. (2020). Analisis Karangan Teks Deskrisi melalui Mind Mapping. Jurnal Ilmiah PGSD Pedadidaktika, Volume 7 Nomor 4 Tahun 2020 halaman 42-49

Kosasih dan Kurniawan, Endang. (2019). 22 Jenis Teks Startegi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: VRamaWidya

Murniasih dan Utami, Santi Pratiwi Tri. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Metode Peta Konsep Berbantu Media Video Peristiwa Alam bagi Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 1 Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI) Volume 5 Nomor 2 Tahun 2016

Nidawati.(2013). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Piomir Volume 1 Nomor 1 Juli-Desember 2013 halaman 13-28.

Nurgiantoro, Burhan dan Suyata, Pujiati. (2011). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Litera Volume 10, Nomor 2 Oktober 2011 Halaman114-125

Nurjanah, dkk. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Parole.Volume 3 Nomor 4 Tahun 2020 halaman 597-604.

Patilima, Hamid. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Salvera, Novi. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Jurnal Educatio, Volume 3 Nomor 2 tahun 2017 halaman 32-34

Saharah, Siti dan Indihadi, Dian .(2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 6 Nomor 1 tahun 2019.

Santoso, Budi Hermawan dan Subagyo. (2017). Peningkatana Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMP Insan Cedekia Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vikasi Volume 5 Nomor 1 tahun 2017

Siswanto, Wahyudi dan Ariani, Dewi. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama

Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Sujarweni, V Wiratna. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wardah, N Dalpah Hasanatul. (2020). Penggunaan Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran P-ISSN: 2301-6345 I E-ISSN: 2614-7599 tahun 2020

Wulan, Neneng Sri. (2014). Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal: Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2, tahun 2014.

Yulistiani, Delvia dan Inhadi Dian (2020). Keterampilan Menulis teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Jurnal Ilmiah PGSD Pedadidaktika, Volume 7 Nomor 3 Tahun 2020 halaman 228-234

Yarmi, Gusti. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal: Perspektif Volume 31 Nomor 1 April 2017 Halaman 1-8


Article Metrics

Abstract has been read : 270 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats