Penerapan model mind mapping dengan media gambar untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi peserta didik Kelas VI SDN Bendo 1 Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14060Keywords:
Model Mind Mapping, Media Gambar, Pembelajaran Menulis, Teks EksplanasiAbstract
Downloads
References
Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: VRamaWidya.
Azmussya’ni dan Wangid, Muhammad Nur. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses dengan Media gambar di SDN Sakra. Jurnal Prima Edukasi Volume 2 Nomor 1 Tahun 2014.
Bachri, Bachtiar S (2010). Meyakinkan Validitas Data melalui Trianggilasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendiikan, Volume 10 Nomor 1 Tahun 2010 halaman 46-62
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Ermaneli. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Peta Konsep Bagi Siswa Kelas VI SDN 44 Lubuk Anau Kecamatan Bayang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia –JPGI Volome 3 Nomor 1 Print ISSN: 2541-3163 –Online ISSN: 2541-3317 halaman 70-77
Huda, Miftahkul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irene, dkk. (2018). Buku Penilaian BUPENA. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kholisah, IIs, dkk. (2020). Analisis Karangan Teks Deskrisi melalui Mind Mapping. Jurnal Ilmiah PGSD Pedadidaktika, Volume 7 Nomor 4 Tahun 2020 halaman 42-49
Kosasih dan Kurniawan, Endang. (2019). 22 Jenis Teks Startegi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: VRamaWidya
Murniasih dan Utami, Santi Pratiwi Tri. (2016). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Metode Peta Konsep Berbantu Media Video Peristiwa Alam bagi Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 1 Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI) Volume 5 Nomor 2 Tahun 2016
Nidawati.(2013). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Piomir Volume 1 Nomor 1 Juli-Desember 2013 halaman 13-28.
Nurgiantoro, Burhan dan Suyata, Pujiati. (2011). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Litera Volume 10, Nomor 2 Oktober 2011 Halaman114-125
Nurjanah, dkk. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Parole.Volume 3 Nomor 4 Tahun 2020 halaman 597-604.
Patilima, Hamid. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Salvera, Novi. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Jurnal Educatio, Volume 3 Nomor 2 tahun 2017 halaman 32-34
Saharah, Siti dan Indihadi, Dian .(2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 6 Nomor 1 tahun 2019.
Santoso, Budi Hermawan dan Subagyo. (2017). Peningkatana Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMP Insan Cedekia Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vikasi Volume 5 Nomor 1 tahun 2017
Siswanto, Wahyudi dan Ariani, Dewi. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama
Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Sujarweni, V Wiratna. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wardah, N Dalpah Hasanatul. (2020). Penggunaan Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran P-ISSN: 2301-6345 I E-ISSN: 2614-7599 tahun 2020
Wulan, Neneng Sri. (2014). Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal: Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2, tahun 2014.
Yulistiani, Delvia dan Inhadi Dian (2020). Keterampilan Menulis teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Jurnal Ilmiah PGSD Pedadidaktika, Volume 7 Nomor 3 Tahun 2020 halaman 228-234
Yarmi, Gusti. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal: Perspektif Volume 31 Nomor 1 April 2017 Halaman 1-8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.