Nilai-nilai karakter dalam novel surga juga di kaki ayah karya gol a gong dan langlang randhawa dan relevansinya sebagai bahan ajar pendidikan karakter di Sekolah Dasar kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14058Keywords:
Novel Surga Juga Ada di Kaki Ayah, Nilai Karakter, Pendidikan KarakterAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai karakter dalam novel Surga Juga Ada Di Kaki Ayah karya Gol A Gong dan Langlang Randhawa serta relevansinya sebagai bahan ajar pendidikan karakter di sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Analisis Sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni novel Surga Juga Ada Di Kaki Ayah karya Gol A Gong dan Langlang Randhawa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Nilai-nilai karakter dianalisis dengn menggunakan 18 jenis karakter sesuai dengan peraturan presiden nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 karakter yang ditetapkan dalam kurikulum, terdapat 12 nilai karakter meliputi (1) religius, (2) disiplin, (3) kerjakeras, (4) kreatif, (5) mandiri, (6) rasa ingin tahu, (7) menghargai prestasi, (8) komunikatif, (9) gemar membaca, (10) peduli lingkungan, (11) peduli sosial, dan (12) tanggung jawab. Karakter-karakter tersebut sesuai dengan 4 kompetensi dasar muatan pelajaran PKN kelas VI sekolah dasar. Komtensi dasar tersebut terdapat dalam dua kompetensi inti yaitu dalam sikap spritual dan sosial. Sehingga nilai karakter dalam novel memiliki relevansi sebagai bahan ajar dalam pendidikan karakter di sekolah dasar terutama untuk kelas VI
Downloads
References
Effendi, Anwar. 2008. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Tiara Wicara
D, Edi Subroto dkk1992. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Sebelas Maret University Press
Gong, Gola A dan Randhawa, Langlang. 2015. Surga Juga Ada Di Kaki Ayah. Bandung: :PT Dangiang pustaka.
Harmanti, Muthia Hasna, 2020. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel “9 Matahari†Karya Adenita, volume 3 No.2, Parole
Irma, Cintya Nurika, 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
Murniasih, Sunggi dkk, 2021. Kajian Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari, Volume 13 No.1 Wanastra
Saputra, Nanda. 2020. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Eliana Karya Tere Liye Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 9 No. 1 Juli 2020
Teguh Alif Nurhuda, Herman J. Waluyo, Suyitno, 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.