Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Anak Melalui Pendekatan Kontekstual dan Media Kartu Pantun Pada Kelas V SDN Paron 2 Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11899Keywords:
Pantun, Pendekatan Kontekstual, Media KartuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang peningkatan ketrampilan menulis pantun siswa, peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan ketrampilan guru dalam pembelajaran menulis pantun melalui pendekatan konstektual dan media kartu pantun pada siswa kelas V SDN Paron 2 Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas V.Dokumen dalam penelitian ini adalah RPP, silabus dan daftar nilai. Tehnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Non tes menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil belajar menulis pantun yang diperoleh siswa, dapat diketahui bahwa rata-rata skor klasikal pada tes awal 53,13, pada sikus I naik menjadi, sedangkan pada siklus II mencapai 83,3. Sedangkan siswa belajar tuntas pada pra siklus hanya mencapai 25%, terjadi peningkatan pada siklus I yaitu naik menjadi 58 %, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II sebesar 91,7 %. Terjadi peningkatan antara pra siklus dengan siklus II sebesar 66,67 %. Dengan demikian penggunaan pendekatan kontekstual dan media kartu pantun dapat meningkatkan ketrampilan menulis pantun pada siswa kelas V SDN Paron 2 tahun ajaran 2021/2021.
Downloads
References
Dewi, P.K dan Nia. (2018). Media Pembelajaran Bahasa. Malang: UB Press.
Dewi, R.P., dkk. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD. Bekasi: Media Maxima.
Fajria, Astri., dkk. (2021). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan Yang Mendewasakan. Yogyakarta: Uad Press
Hamid dkk. (2020). Media Pembelajaran . Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hidayatullah. (2018). PenelitianTindakan Kelas. Banten: LKP Setia Budhi.
Isniarni. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dan Syair Dengan Model Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas V Mi Ma’arif Candran Godean. Pendidikan Dasar Islam, 01: 3.
Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Pencerahan, 1:2.
Putri, D. dan Elvina. (2019). Keterampilan Berbahasa Sekolah Dasar. Jakarta: Qiara Media.
Simarmata, J. (2019). Kita Menulis. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sugi. (2019). Menyusun RPP 2013. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta: Deepublish.
Susetyo, B.A. (2018). Sutradara Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Waridah, E,S.S (2017). Peribahasa, Pantun, & Majas. Jakarta Selatan: Bmedia.
Wartik. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Air Saleh. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2: 66.
Wijayanti, D.M., dkk. (2019). Mobile Learning Media Bermuatan ethnoscience. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.