Pengaruh Penggunaan Kontekstual dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus I Karanganyar Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2021/2022

Elia Widyastuti Parmadi, V. Teguh Suharto, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas IV antara siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan behavioristik. 2) menemukan perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas IV antara siswa yang HOTs-nya tinggi dengan siswa yang HOTs-nya rendah. 3) menemukan interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan keterampilan berfikir tingkat tinggi dalam mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SDN. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental. Penelitian dilaksanakan di SDN Se Gugus I Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2021/2022, mulai bulan Juli 2021 sampai dengan bulan November 2021. Instrumen penelitian berupa tes untuk memperoleh data keterampilan berpikir tingkat tinggi dan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis varians klasifikasi ganda. Hasil analisis data model pembelajaran diperoleh nilai Fh sebesar 25,71 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan kesimpulan Ho ditolak. Hasil analisis variabel kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai Fh sebesar 169,62 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05). Hasil analisis interaksi model pembelajaran dan keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh Fh sebesar 5,31 dan nilai signifikansi sebesar 0,020 < 0,05). Penelitian menyimpulkan: 1) ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan siswa yang diajar dengan pendekatan behavioristik. 2) Ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang keterampilan berpikir tingkat tinggi kategori tinggi dengan siswa yang keterampilan berpikir tingkat tinggi kategori rendah. 3) Ada interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa.


Keywords


pembelajaran kontekstual; pembelajaran behavioristik; keterampilan berpikir tingkat tinggi; kemampuan menulis puisi

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assesning. New York: Pre-Press Company

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Haladyna, T.M. (1997). Writing Test Items to Evaluate Higher Order Thinking. Boston: Allyn and Bacon

Johnson, Elaine. (2009). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama.

Kurniati, Dian., Harimukti, Romi., & Jamil, Nur Aisyah. (2014). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.

Mardiana, Nana dkk. 2010. Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 145 Pekanbaru. Pekanbaru: PGSD FKIP Universitas Riau.

Puspitasari, E., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills pada kelas v materi ipa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 48–52. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.50077

Resnick, L. B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, D.C: National Academy Press.

Rukmini, S., Sudrajat, R. T., & Latifah, L. (2021). PENGARUH PENDEKATAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(1), 129–140. https://doi.org/10.22460/p.v4i1p129-140.6997

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Flora, 29-35

Widodo, Joko. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Penerapan Strategi Identifikasi BErbasis Kecerdasan Mejemuk Pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra (1) 1.A.

Zalukhu, M. C. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 6(1), 60–60. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.652


Article Metrics

Abstract has been read : 210 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats