Pengaruh Penggunaan Kontekstual dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus I Karanganyar Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11881Keywords:
pembelajaran kontekstual, pembelajaran behavioristik, keterampilan berpikir tingkat tinggi, kemampuan menulis puisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas IV antara siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan behavioristik. 2) menemukan perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas IV antara siswa yang HOTs-nya tinggi dengan siswa yang HOTs-nya rendah. 3) menemukan interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan keterampilan berfikir tingkat tinggi dalam mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SDN. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental. Penelitian dilaksanakan di SDN Se Gugus I Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2021/2022, mulai bulan Juli 2021 sampai dengan bulan November 2021. Instrumen penelitian berupa tes untuk memperoleh data keterampilan berpikir tingkat tinggi dan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis varians klasifikasi ganda. Hasil analisis data model pembelajaran diperoleh nilai Fh sebesar 25,71 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan kesimpulan Ho ditolak. Hasil analisis variabel kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai Fh sebesar 169,62 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05). Hasil analisis interaksi model pembelajaran dan keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh Fh sebesar 5,31 dan nilai signifikansi sebesar 0,020 < 0,05). Penelitian menyimpulkan: 1) ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan siswa yang diajar dengan pendekatan behavioristik. 2) Ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang keterampilan berpikir tingkat tinggi kategori tinggi dengan siswa yang keterampilan berpikir tingkat tinggi kategori rendah. 3) Ada interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa.
Downloads
References
Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assesning. New York: Pre-Press Company
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Haladyna, T.M. (1997). Writing Test Items to Evaluate Higher Order Thinking. Boston: Allyn and Bacon
Johnson, Elaine. (2009). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama.
Kurniati, Dian., Harimukti, Romi., & Jamil, Nur Aisyah. (2014). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.
Mardiana, Nana dkk. 2010. Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 145 Pekanbaru. Pekanbaru: PGSD FKIP Universitas Riau.
Puspitasari, E., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills pada kelas v materi ipa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 48–52. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.50077
Resnick, L. B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, D.C: National Academy Press.
Rukmini, S., Sudrajat, R. T., & Latifah, L. (2021). PENGARUH PENDEKATAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(1), 129–140. https://doi.org/10.22460/p.v4i1p129-140.6997
Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Flora, 29-35
Widodo, Joko. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Penerapan Strategi Identifikasi BErbasis Kecerdasan Mejemuk Pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra (1) 1.A.
Zalukhu, M. C. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 6(1), 60–60. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.652
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.