Peningkatan Kompetensi Pedagogik dalam Melaksanakan Melaksanakan Blended Learning pada Guru SDN 1 Tugu Mlarak Ponorogo

Sutrisni Sutrisni, Sudarmiani Sudarmiani, Nurhaji Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi pedagogik dalam melaksanakan blended learning mupel IPS melalui supervisi edukatif kolaboratif secara periodik guru SDN 1 Tugu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) partisipan. Subyek peneltian ini adalah guru kelas 1 sampai dengan kelas 6 di SDN 1 Tugu. Teknik pengupulan data pada peneltian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan menggunakan reduksi data, data display dan conclusion drawing. Secara individu guru dinyatakan mampu apabila memperoleh hasil monitoring 71-85 dan dinyatakan sangat mampu apabila mendapatkan hasil monitoring sebesar 86-100.  Sedangkankan ketuntasan secara klasikal kompetensi pedagogik dalam melaksanakan blended learning mupel IPS pada pra siklus dari enam guru tidak ada guru dengan kriteria tuntas (0%), pada siklus 1 ada dua guru kriteria tuntas dan empat guru belum tuntas (33%), dan pada siklus 2 semua guru tuntas (100%). Hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran luring, daring, tatap muka terbatas dan pengamatan pedagogik pada siklus 2 sudah di atas skor/ hasil monitoring ≥80 sehingga penelitian ini cukup sampai dua siklus.


Keywords


Kompetensi Pedagogik; Blended Learning; IPS; Supervisi Edukatif Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, (1), 120-134.

Hidayati, R.A. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Melalui Blended Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Thesis. (http://etheses.uin-malang.ac.id/22345 Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021 pada pukul 16.00 WIB).

Jokomarsono, W. (2019) Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (online) 4(1) (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/5302, diakses pada tanggl 23 Maret 2021 Pukul 16.00 WIB).

Nico, Sudarmiani, Rifai (2021) Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Jurnal. Universitas Wiralodra Jawa Barat P-ISSN 1693-7945, E-ISSN: 2622-1969 Gema Wiralodra, Vol 12, No 2, Oktober 2021.

Palasari, R.H. (2021) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Thesis. (https://eprints.umm.ac.id/74017/ diakses pada tanggal 24 Agustus 2021 Pada Pukul 16.40 WIB).

Restu, Rahmah, H., Halimah, S. (2019, October). Desain Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019, hal 1001 – 1003.

Sulvemi, W.B. (2015) Kemampuan Pedagogik Huru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor VOL. 1 No. 1. ISSN: 9772-443-2701-4.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, M (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Darmawan, D & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dwiyanto. 2020. New_Normal_Blended_Learning. http://lpmplampung.kemdikbud.go.id. Akses pada 22 Juli 2021.

Dwiyogo Wasis. (2008). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy, J. (2015) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) (https://peraturan.bpk.go.id) Diakses pada tanggal 25 Juli 2021.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses (https://bsnp-indonesia.org) diakses pada tanggal 25 Juli 2021. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional https://covid19.go.id/tanyajawab? Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021 pada pukul 16.00 WIB).

Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan (https://peraturan.bpk.go.id) Diakses pada tanggal 24 Agustus pada pukul 16.25.


Article Metrics

Abstract has been read : 267 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats