Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Daring Media Whatsapp Group dengan Media Blogspot terhadap Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11812Keywords:
Whatsapp Group, Blogspot, Hasil Belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Metode penelitian yang digunakan adalah true-eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Somoroto yang berjumlah 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji beda atau uji-t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media whatsapp memperoleh nilai rata-rata sebesar 78 dan nilai standart deviasi sebesar 8,104 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini adalah antara 1-8 poin. Hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media blogspot memperoleh nilai rata-rata sebesar 72 dan nilai standart deviasi sebesar 10,483 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini sangat besar yaitu antara 1-10 poin. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung dengan ttabel adalah 3,658 > 2,056.
Downloads
References
Afnibar dan Fajhriani. 2020. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020.
Anugrahana Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289.
Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bilfaqih, Y & Qomarudin, M. N. 2015. Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. 131.
Dewi Wahyu A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020.
Julianto. 2011. Model Pembelajaran IPA. Surabaya: Unesa University Press.
Lukmana. 2013. Guru GO BLOG. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Mulyono Tj. 1980. Pengertian dan Karakteristik Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud
Panjaitan. 2013. Mengelola Blog Sebagai Media Pembelajaran Online.Yogyakarta : Leutikaprio
Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, Asran, dan Tirtowati. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V. Jurnal UNTAN Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Sartonoo. 2016. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Jurnal ransformatika, Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016
Sarwono, Santosa, dan Soegiyanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pengetahuan Bencana Alam Di Indonesia Dan Perilaku Cinta Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun 2015. Universitas Sebelas Maret: Jurnal GeoEcool. 2, No. 2 (Juli 2016) Hal. 184-197.
Setyosari Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Statistikauntuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra, 2010. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Yulaelawati, 2007.Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.