Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Daring Media Whatsapp Group dengan Media Blogspot terhadap Hasil Belajar IPS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Metode penelitian yang digunakan adalah true-eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Somoroto yang berjumlah 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji beda atau uji-t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media whatsapp memperoleh nilai rata-rata sebesar 78 dan nilai standart deviasi sebesar 8,104 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini adalah antara 1-8 poin. Hasil hitung statistik deskriptif menunjukkan di kelas PJJ menggunakan media blogspot memperoleh nilai rata-rata sebesar 72 dan nilai standart deviasi sebesar 10,483 artinya rentangan sebasaran rata-rata nilai di kelas ini sangat besar yaitu antara 1-10 poin. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran daring menggunakan media whatsapp dan blogspot terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Somoroto. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung dengan ttabel adalah 3,658 > 2,056.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Afnibar dan Fajhriani. 2020. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2020.
- Anugrahana Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289.
- Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
- Bilfaqih, Y & Qomarudin, M. N. 2015. Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. 131.
- Dewi Wahyu A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020.
- Julianto. 2011. Model Pembelajaran IPA. Surabaya: Unesa University Press.
- Lukmana. 2013. Guru GO BLOG. Yogyakarta : CV Andi Offset.
- Mulyono Tj. 1980. Pengertian dan Karakteristik Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud
- Panjaitan. 2013. Mengelola Blog Sebagai Media Pembelajaran Online.Yogyakarta : Leutikaprio
- Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sari, Asran, dan Tirtowati. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V. Jurnal UNTAN Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
- Sartonoo. 2016. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Jurnal ransformatika, Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016
- Sarwono, Santosa, dan Soegiyanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pengetahuan Bencana Alam Di Indonesia Dan Perilaku Cinta Lingkungan Hidup Siswa Kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun 2015. Universitas Sebelas Maret: Jurnal GeoEcool. 2, No. 2 (Juli 2016) Hal. 184-197.
- Setyosari Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2015. Statistikauntuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sumiati dan Asra, 2010. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
- Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
- Yulaelawati, 2007.Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.