Pengaruh Kompensasi Non Finansial terhadap Kinerja Guru SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan

Intania Rahma Dewanti, Muhammad Hanif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang pemberian  kompensasi non finansial, jenis kompensasi non finansial serta pengaruhnya terhadap kinerja  Kompensasi non finansial terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Tinap 2 mulai bulan Januari-Agustus 2019. Sumber data yang digunakan pada penelitian yakni data  primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengak teknik kualitatif model interaktif. Dari penelitian diperoleh hasil bhwa latar belakang diadakannya kompensasi non finansial karena adanya keinginan guru untuk mendapatkan sebuah motivasi atau dorongan untuk mendukung guru lebih giat dan semangat dalam bertugas. Sedangkan kompensasi non finansial memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru SDN Tinap 2. Kompensasi non finansial yang diberikan di SDN Tinap 2 berupa (1) pendidikan dan pelatihan (diklat), (2) Promosi, (3) lingkungan yang bersih dan nyaman, (4) Nyaman dalam bertugas, (5) Pujian.  Kompensasi non finansial juga memberikan pengaruh terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan.


Keywords


Kinerja Guru; Kompensasi Non finansial

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Barnawi & Mohammad Arifin. (2012). Instrumen Pembinaan Peningkatan & Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Danim. (2011). Pengembangan Profesi Guru : Dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani.Jakarta: Kharisma Putra Utama

Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Pedoman bagi Mahasiswa PPL guru alumni PLPG, PKG, dan PPG dalam Upaya Mengoptimalkan Aktivitas Belajar Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media

H.B.Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press

Husien. L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Irawan, D.H. et al. (2014). “Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap Kinerja (Studi pada Agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Blitar”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 13(1)

Kompri. (2016). Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Majid. A. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Malawi, I. (2015). Penelitian Pendidikan. Magetan: CV. AE Media Grafika

Miles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurjahjani. F, (2007). “Pengaruh Imbalan Ekstrinsik terhadap Prestasi Kerja (Studi Kasus pada Karyawan Bagian Pemasaran Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Cabang Malang). Jurnal Modernisasi, 3(1)

Nurul, A.Y. (2010). “Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Argamakmur Bengkulu Utara”. Jurnal Pendidikan Triadik, 13 (1)

Nasution. (2012). Metode Research: Pendidikan Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara

Republik Indonesia. (2010). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen.

Rivai. V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.RajaGravindo Persada

Riyadi. (2011).“Pengaruh Kompensasi Finansial, Gaya Kepemimpinan, dan motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1)

Rofiq, A. (2013). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Kompensasi Non Finansial terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Samputri. (2012). Analisis Sistem Pemberian Kompensasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi pada Bank BRI (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Makassar A.Yani. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar

Suhardiman. B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media

Ulfatin, Teguh Triwiyanto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Yusuf, B. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syari’ah. Jakarta: Rajawali Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 538 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats