Pengaruh Kompensasi Non Finansial terhadap Kinerja Guru SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11807Keywords:
Kinerja Guru, Kompensasi Non finansialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan latar belakang pemberian kompensasi non finansial, jenis kompensasi non finansial serta pengaruhnya terhadap kinerja  Kompensasi non finansial terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN Tinap 2 mulai bulan Januari-Agustus 2019. Sumber data yang digunakan pada penelitian yakni data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengak teknik kualitatif model interaktif. Dari penelitian diperoleh hasil bhwa latar belakang diadakannya kompensasi non finansial karena adanya keinginan guru untuk mendapatkan sebuah motivasi atau dorongan untuk mendukung guru lebih giat dan semangat dalam bertugas. Sedangkan kompensasi non finansial memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru SDN Tinap 2. Kompensasi non finansial yang diberikan di SDN Tinap 2 berupa (1) pendidikan dan pelatihan (diklat), (2) Promosi, (3) lingkungan yang bersih dan nyaman, (4) Nyaman dalam bertugas, (5) Pujian. Kompensasi non finansial juga memberikan pengaruh terhadap kinerja guru di SDN Tinap 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Barnawi & Mohammad Arifin. (2012). Instrumen Pembinaan Peningkatan & Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Danim. (2011). Pengembangan Profesi Guru : Dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani.Jakarta: Kharisma Putra Utama
Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Pedoman bagi Mahasiswa PPL guru alumni PLPG, PKG, dan PPG dalam Upaya Mengoptimalkan Aktivitas Belajar Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media
H.B.Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press
Husien. L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Irawan, D.H. et al. (2014). “Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap Kinerja (Studi pada Agen AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Blitarâ€. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 13(1)
Kompri. (2016). Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Majid. A. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Malawi, I. (2015). Penelitian Pendidikan. Magetan: CV. AE Media Grafika
Miles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia
Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurjahjani. F, (2007). “Pengaruh Imbalan Ekstrinsik terhadap Prestasi Kerja (Studi Kasus pada Karyawan Bagian Pemasaran Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Cabang Malang). Jurnal Modernisasi, 3(1)
Nurul, A.Y. (2010). “Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Argamakmur Bengkulu Utaraâ€. Jurnal Pendidikan Triadik, 13 (1)
Nasution. (2012). Metode Research: Pendidikan Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara
Republik Indonesia. (2010). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen.
Rivai. V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.RajaGravindo Persada
Riyadi. (2011).“Pengaruh Kompensasi Finansial, Gaya Kepemimpinan, dan motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Timurâ€. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1)
Rofiq, A. (2013). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Kompensasi Non Finansial terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kabupaten Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Samputri. (2012). Analisis Sistem Pemberian Kompensasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi pada Bank BRI (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Makassar A.Yani. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar
Suhardiman. B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media
Ulfatin, Teguh Triwiyanto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Yusuf, B. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syari’ah. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.