Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Rejomulyo 1
Abstract
: Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kendala yang dihadapi dalam Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mendukung Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkan minat baca siswa di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SDN Rejomulyo 1. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Rejomulyo 1 menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antasari, Indah Wijaya. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal, Vol.9, No.1. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680
Moleong, J. Lexi. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Naelasari, Desy. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Budi Pekerti Siswa di Smk Nusantara Jombang. Jurnal Ilmuna vol.2 no.2 September 2020
Rahmawati. (2007). Model Pendeteksian Manajemen Laba pada Industri Perbankan Publik di Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Perbankan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, XVIII (1), hal. 23-34.
Suwandi, S., (2019). Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Universitas Sebelas Maret. 1-20.
Soleh, Dwi Rohman. (2016). Etika Jawa Dalam Novel La Grande Borne Karya N.H. Dini. Widyabastra 4(2) pp. 121-132.
Soleh, Dwi Rohman. Herman J. Waluyo. Setya Yuwana Sudikan. Nugraheni Eko Wardani. (2017). Model Development of Drama Study Employing Local Art for Students Of LPTK. Prosiding Internasional FINALISET 1(3) pp. 19-28.
Soleh, Dwi Rohman. (2020). Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Pp. 160-166.
Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yunus Abidin, dkk., 2017. Pembelajaran literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract has been read : 1397 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun
ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.