Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Membaca Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Margomulyo 1 Ngawi Tahun Pelajaran 2021/2022

Takiyatul Aminin, Dwi Setyadi, Sigit Ricahyono

Abstract


Penggunaan E-learning di jenjang pendidikan Sekolah Dasar merupakan teknologi pembelajaran yang masih awam dan jarang digunakan. Akan tetapi, sekarang pendidik dan siswa harus mampu melaksanakan E-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan E-Learning dalam Pembelajaran membaca bahasa Indonesia kelas IV di SDN Margomulyo I Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar kelas IV SDN Margomulyo I. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif melalui wawancara terhadap guru kelas IV SDN Margomulyo I. Hasil penelitian menemukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran e-learning di SDN Margomulyo I khususnya membaca dilakukan dengan menggunakan media online yang beragam yaitu google classroom, youtube, Zoom, whatsApp, google workspace for education, google meet, google slide dan google doc. Pengembangan sistem Pembelajaran berbasis internet di SDN Margomulyo I Mengunakan Web centric course atau penggunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka, fungsinya saling melengkapi, dalam model ini guru memberikan petunjuk pada siswa untuk mempelajari materi melalui web yang telah dibuat oleh guru.

Keywords


Metode pembelajaran; E-Learning; Membaca

Full Text:

PDF

References


Ari Kunto, Suharsimi. (2006) .Metodelogi Penelitian.Yogyakarta: Bumi Aksara.

Efendy,Empy dan Hartono Zhuang. (2005). E-learning (Konsep dan Aplikasi).Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ibrahim. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitataif.Bandung : Alfa Beta.

Isnawati, Nona. (2018). Implementasi Program Pembelajaran Berbasis IT (ELearning) Dalam Menumbuhkan Literasi Digital Di SD Muhammadiyah Condongcatur. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: Tidak Diterbitkan

Kusumana, Ade. (2011). E-learning Dalam Pembelajaran, Jurnal Pendidikan,Vol 14 No 1.

Moleong,Lexy J. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung.Rosda Karya Remaja.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung : Alfa Beta

Poppy, R, Yaniawati.(2010). E-learning dan Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung : Arfino Raya

Prawiradilaga,Dewi,Salma.(2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E- learning. Jakarta : Pranada Media Group.

Rifa'i, A dan Anni, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar

Sugiyono.(2011).MetodePenelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan R & D).Bandung : Alfa Beta.

Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Tafiardi.(2005).Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal Pendidikan Penabur.No.4

Trianto.(2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana


Article Metrics

Abstract has been read : 317 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i1.11777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats