Implementasi Prototipe Sila (Social Media Self Development Indonesia) dalam Design Thinking Digital Product Development

Syamsu Yoga Ma’arief, Agatha Putra Yudhapurnomo, Siti Fatimah, Ressi Fiokta Wiharifin

Abstract


Pengembangan diri merupakan hal penting untuk menjadi pribadi yang produktif di era berkembangnya teknologi. pengembangan diri menjadi potensi dan kesiapan diri, yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi. “SILA” Sosial Media Self Development Indonesia merupakan aplikasi pengembangan diri berbasis sosial yang dikhususkan untuk generasi muda di Indonesia. Implementasi pendekatan Design thinking dengan tahap Emphatize, Define, Ideate, Prototyping, dan Testing menghasilkan konsep sosial media pengembangan diri dimana pengguna dapat melakukan Publish karya sendiri, bergabung di komunitas yang memiliki concern yang sama, saling memberikan motivasi terhadap karya orang lain dengan Fitur yang terdiri dari Upload Foto & Video, Pemberian Caption, menambah pertemanan, pemberian komentar, dan dapat mengkomersilkan karya. Hasil uji kemenarikan desain user interface SILA dari hasil penerapan sketch, wireframe , dan desain UX UI SILA mendapatkan prosentase 64,7% setuju, dan 35,3 % sangat setuju bahwa user interface Sila menarik


Keywords


Design thinking; Media sosial; Prototyping; SILA; Usability; Wireframing.

Full Text:

PDF

References


I. Gunawan and H. Argadinata, “Dampak pembelajaran berkarakter terhadap penguatan karakter siswa generasi milenial,” JAMP, vol. 3, no. 2019, pp. 160–170, 2020.

S. Zuhri, “PENTINGNYA BUDAYA LITERASI MEDIA DAN AKTUALISASI BELA NEGARA GENERASI MILENIAL,” PUBLIC Adm. J. Res., vol. 2, no. 4, pp. 393–405, 2020.

U. Hasanah, “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI KALANGAN GENERASI MILLENIAL UNTUK MEMBENDUNG DIRI DARI DAMPAK NEGATIF REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” PEDAGOGY, vol. 8, no. 1, pp. 52–59, 2021.

M. Aminullah and M. Ali, “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ERA 4 . 0,” Komunike, vol. 7, no. 1, pp. 1–23, 2020.

D. Setiawan and M. Lenawati, “Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020.

H. Sazali, F. Rozi, P. Edward, and T. Hall, “Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial Online Shopping and Digital Living Culture Traps in Millennial Communities,” SIMBOLIKA, vol. 6, no. 2, 2020.

J. P. Malahayati et al., “Peran kecerdasan budaya dan kepribadian terhadap perilaku konsumtif online generasi milenial yang merantau di jakarta,” Psikol. Malahayati, vol. 2, no. 2, pp. 57–71, 2020.

A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 2, p. 219, 2018.

A. R. Setiadi, “Perancangan UI / UX menggunakan pendekatan HCD ( Human-Centered design ) pada website Thriftdoor,” AUTOMATA, vol. 1, no. 2, 2020.

D. Setiawan and S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale,” vol. 2, no. 1, pp. 71–78, 2020.

P. Utomo, “Pendekatan Object Oriented UX pada Perancangan Aplikasi Manajemen Order,” in Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) ke 4, 2020, pp. 230–235.

D. Derisma, “The Usability Analysis Online Learning Site for Supporting Computer programming Course Using System Usability Scale (SUS) in a University,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 14, no. 9, p. 182, 2020.

L. Domingo, D. Moore, D. Sirkin, G. Toye, L. Leifer, and M. Cutkosky, “STRATEGIC PROTOTYPING TO LEARN IN STANFORD UNIVERSITY’S ME310 DESIGN INNOVATION COURSE,” Proc. Des. Soc. Des. Conf., vol. 1, pp. 1687–1696, May 2020.

I. Permata Sari and S. Analia Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” 2020.

G. Reflin, “EVALUASI BISNIS STARTUP SUKA-GRAFIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING,” 2020.

D. Buschek, C. Anlauff, and F. Lachner, “Paper2Wire – A Case Study of User-Centred Development of Machine Learning Tools for UX Designers,” i-com, vol. 20, no. 1, pp. 19–32, Apr. 2021.

J. Li, G. W. Tigwell, and K. Shinohara, “Accessibility of high-fidelity prototyping tools,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., May 2021.

V. P. Sermuga Pandian, S. Suleri, C. Beecks, and M. Jarke, “MetaMorph: AI Assistance to Transform Lo-Fi Sketches to Higher Fidelities,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., pp. 403–412, Dec. 2020.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” J. Digit, vol. 10, no. 2, pp. 208–219, Dec. 2020.

M. U. A. Iryanto, W. H. N. Putra, A. Dwi, and Herlambang, “Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7708–7716, 2019.


Article Metrics

Abstract has been read : 106 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v4i2.9938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.