Video Animasi Matematika Dasar Menggunakan Metode Jarimatika (Studi Kasus: TK YWKA II Purwokerto)

Yuli Purwati, Tandi Kukuh Jati Laksono, Suliswaningsih Suliswaningsih, Dwi Krisbiantoro

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses yang penting dalam perkembangan suatu individu ataupun sebuah kelompok sosial masyarakat, pendidikan sendiri dimulai sejak usia dini. Salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yaitu taman kanak-kanak. Salah satu lingkup perkembangan yang harus dicapai pada tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini adalah kemampuan kognitif yang terdiri dari pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan menghitung. Oleh sebab itu, kemampuan dasar matematika perlu dirangsang dan dikembangkan sejak dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengajarkan dan menarik antusias anak didik di TK YWKA II dalam belajar berhitung matematika menggunakan media video animasi 2D. Video animasi dibuat dengan menggunakan teknik papper cut dan motion graphic. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi dan studi pustaka. Pada penelitian ini dihasilkan video animasi belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan menggunakan metode jarimatika yang diadaptasi dari ebook karya Septi Peni Wulandani dengan durasi tujuh menit tiga puluh detik kemudian dilanjutkan dengan pengujian alpha yang menunjukan bahwa hasil uji tersebut sudah sesuai antara storyboard dengan hasil akhir.

Keywords


Jarimatika; Matematika; Motion Graphic; Papper Cut; Video Animasi

Full Text:

PDF

References


E. Malapata And L. Wijayanigsih, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1, P. 283, Doi: 10.31004/Obsesi.V3i1.183, Apr. 2019.

P. Hartini, “Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam,” no. 1, 2012.

G. A. Nur Wulan, D. Priatna, and M. H. Ismail, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka,” Cakrawala Dini J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 8, no. 1, doi: 10.17509/cd.v8i1.10551, Mar. 2018.

D. K. Wardhani, “Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini,” J. PAUD Agapedia, vol. 1, no. 2, p. 7, 2017.

Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

W. T. Atmojo, M. Irvansyah, and D. Setiyadi, “Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Animasi Berhitung Interaktif Sebagai Alat Bantu Belajar Matematika,” J. Infor. Sys. For Edu, vol 4, no. 1, 2019.

Bernadhed, dkk., “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Metode Jarimatika,” J. Tek. Inf, vol. XIV, no. 1, 2019.

A. S. Afrizal, “Aplikasi Pembelajaran Jarimatika Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pendidikan Sekolah Dasar,” J. Teknologi, vol. VIII, no. 1, 2018.

A. S. Marleny, Putra, and T. M. Haryani, “Penerapan Metode Jarimatika Berbantuan Adobe Animate Di Kelas III Sekolah Dasar,” in S. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. UNY, 2016.

Y. Arifin, M. Y. Ricky, V. Yesmaya, Digital Multimedia, Cetakan 1. Jakarta: PT WIDIA INOVASI NUSANTARA, 2015.

S. P. Wulandani, Jarimatika. Yayasan Jarimatika Indonesia, 2003.

N. Satria, S. G. Gunanto, and A. Sulistiyono, “Gaa-Mbee: Flower Animasi Dua Dimensi Dengan Teknik Cut Out,” J. Animat. Games Stud., vol. 3, no. 2, 2017.

A. Putra, A. D. A. Hermansah, A. Purwanto, "Perancangan Iklan Motion Graphic Jasa Percetakan Alief Production Untuk Meningkatkan Penjualan," J. Ilmiah DASI, vol. 14, no. 03, Sep. 2013.


Article Metrics

Abstract has been read : 777 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v4i2.7266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.