Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA)

Noordin Asnawi

Abstract


Google classroom merupakan aplikasi opensource dari Google yang dapat digunakan untuk sistem pembelajaran atau bisa disebut sebagai e-learning. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang baru dan masih sedikit yang menggunakannya dalam sistem pembelajaran di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi, khususnya di program studi Sistem Informasi Fakultas Teknik UNIPMA. Disini aplikasi ini tergolong baru digunakan, maka dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran usability (kebergunaan) untuk mengetahui tingkat kebergunaan dari aplikasi ini. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tool USE Questionnaire dengan menyebar angket kepada responden. Hasil angket dilakukan pengukuran dengan menggunakan skala likert. Dari hasil pengukuran dapat disimpulkan bahwa aplikasi google classroom yang digunakan sebagai ­e-learning di program studi tersebut  memiliki nilai usability yang kurang baik

Full Text:

PDF

References


“Google Classroom,” [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Classroom. [Diakses 7 Oktober 2017].

S. Iftakhar, “Google Classroom: What Works and How?,” Journal of Education and Social Science, vol. III, pp. 12-18, 2016.

C. M. Barnum, Usability Testing Essentials: Ready, Set... Test!, Burlington: Elsevier, 2011.

W. Handiwidjojo dan E. Lussy, “Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit),” JUISI, vol. II, no. 1, pp. 49-55, 2016.

D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. VI, no. 1, pp. 661-667, 2014.

J. Rubin dan C. Dana, Handbook of Usability Testing, Second Edition: How to Plan, Design, and Conduct Effective Test, Indianapolis: Wiley Publishing, 2008.

A. Lund. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/230786746_Measuring_Usability_with_the_USE_Questionnaire. [Diakses 8 Oktober 2017].

S. Guritno, Sudaryono dan U. Rahardja, Theory and Application of IT Research, Yogyakarta: Andi, 2011.


Article Metrics

Abstract has been read : 9878 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.