Pengukuran Tingkat Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Praktikum Gaya Gerak Listrik Induksi di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Abstract
Berdasarkan hasil analisis uji-T diperoleh bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 77.06 berada diatas nilai kriteria ketuntasan minimal yang berbeda secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Yennita, Sukmawati, M., dan Zulirfan. 2012. Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA
Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 3(1), 111.
. Wardani, U.A., & Ishafit. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Discovery
Learning dengan Data Sharing Technology pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Riset
dan Kajian Pendidikan Fisika, 3(1), 23-25.
. Gultepe, Nejla. 2016.. High School Science Teachers’ Views on Science Process Skills. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 11. No. 5. 779-800
. Hendri, Edi. 2010. Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi. Junal Saung Guru, 1(2), 1-11.
. Delors, J. 1996. Learning: The Treasure Within. Paris: UNESCO.
. Rezba, J., Richard dkk.1995. Learning of Assesing Science Proses Skills. Amerika: Kendal/Hunt Publising Company.
. Semiawan, Conny, Tangyong, A. F., Belen, F., Matahelemual, Yulaelawati, dan Suseloardjo, Wahjudi. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Grasindo.
. Sudargo, Fransisca, dan Asiah, S. 2010. Kemampuan Pedagogik Calon Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(1), 4-12.
. Mustika, I., & Murniati, N.A. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Fisika Melalui Pembelajaran Praktikum dengan Memanfaatkan Alat dan Bahan di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kragan Rembang Tahun Ajaran
/2009. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1).
. Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
. Mintohari, Suryanti dan Widodo. 2011. Keterampilan Proses Dalam IPA. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. (Online). (http://pjjpgsd.unesa.ac.id/do k/1.Suplemen-1Ketr%20Proses%20dan%20i.
. Rohaeni, M. A. 2013. Penerapan Peer Assessment Pada Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Menilai Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa SMP Materi Pencemaran Lingkungan. Bandung: Unversitas Pendidikan Indonesia
Article Metrics
Abstract has been read : 10593 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v4i1.4129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :