Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bengkel Listrik

Anton S

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penggunaan  media
pembelajaran  Mind  Mapping  terhadap  hasil  belajar  mahasiswa  pada  mata  kuliah  Bengkel
Listrik.  Dalam  pembelajaran  mata  kuliah  Bengkel  Listrik  kurang  adanya  kolaborasi
penggunaan  media  pembelajaran  yang  efisien,  membuat  mahasiswa  kurang  aktif  dalam
pembelajaran  serta  minat  belajar  mahasiswa  menjadi  kurang  sehingga  hasil  belajar
mahasiswa  menjadi  rendah.  Penelitian  ini  berbentuk  penelitian  kuantitatif.  Sampel  yang
digunakan  satu  kelas,  diambil  menggunakan  teknik  sampling  jenuh  dengan  kelas  sebelum
perlakuan  (pretest)  diajar  dengan  mentode  konvensional/ceramah  dan  kelas  sesudah
perlakuan  (posttest)  diajar  dengan  media  pembelajaran  trainer  elektronika.  Teknik
pengumpulan  data  menggunakan  metode  tes  untuk  data  hasil  belajar  mahasiswa.  Teknik
analisis data menggunakan  uji t.  Berdasarkan hasil  uji  t  yang menunjukkan  bahwa  t
hitung
=
24,74 dan t
tabel
= 1,78 untuk db = 12 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis
penelitian  terbukti  atau  diterima.  Simpulan  pada  penelitian  ini  adalah  ada  pengaruh  dari
penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata
kuliah Bengkel Listrik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam kurikulum pembelajaran. Jakarta: PT

Elex Media Komputindo.

Muhson, A. (2007). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Statistika Lanjut.

Lumbung Pustaka Universitas Negeri

Yogyakarta. (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/penelitian/Ali+Muhson++

Problem+Solving.pdf, diunduh 13 Mei 2017).

Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 237 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

JUPITER Indexed by :