Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bengkel Listrik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bengkel
Listrik. Dalam pembelajaran mata kuliah Bengkel Listrik kurang adanya kolaborasi
penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam
pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar
mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang
digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum
perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer elektronika. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
=
24,74 dan t
tabel
= 1,78 untuk db = 12 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis
penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh dari
penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata
kuliah Bengkel Listrik.
pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bengkel
Listrik. Dalam pembelajaran mata kuliah Bengkel Listrik kurang adanya kolaborasi
penggunaan media pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam
pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar
mahasiswa menjadi rendah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang
digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum
perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah
perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran trainer elektronika. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik
analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa t
hitung
=
24,74 dan t
tabel
= 1,78 untuk db = 12 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis
penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh dari
penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata
kuliah Bengkel Listrik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam kurikulum pembelajaran. Jakarta: PT
Elex Media Komputindo.
Muhson, A. (2007). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Statistika Lanjut.
Lumbung Pustaka Universitas Negeri
Yogyakarta. (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/penelitian/Ali+Muhson++
Problem+Solving.pdf, diunduh 13 Mei 2017).
Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract has been read : 237 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jupiter.v3i2.3332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JUPITER Indexed by :