PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK
DOI:
https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1792Keywords:
Macromedia flash, Problem Solving, Hasil Belajar MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran macromedia flash berbasis problem solving terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Dalam pembelajaran mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik kurang adanya kolaborasi penggunaan media dan metode pembelajaran yang efisien, membuat mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran serta minat belajar mahasiswa menjadi kurang sehingga hasil belajar mahasiswa menjadi rendah.
      Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan satu kelas, diambil menggunakan teknik sampling jenuh dengan kelas sebelum perlakuan (pretest) diajar dengan mentode konvensional/ceramah dan kelas sesudah perlakuan (posttest) diajar dengan media pembelajaran macromedia flash berbasis problem solving. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi untuk data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji t.
      Berdasarkan hasil uji t yang menunjukkan bahwa thitung = 12,93 dan ttabel = 1,78 untuk db = 12 dan taraf signifikansi 5%, thitung > ttabel, sehingga hipotesis penelitian terbukti atau diterima. Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh dari penerapan media pembelajaran macromedia flash berbasis problem solving untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik.Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Muhson, A. (2007). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Statistika Lanjut. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. (diakses13 Mei 2017)
Suryani, N & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Siregar, S. (2014). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Utama, N.P & Nilawati. (2012). Penggunaan Macromedia flash 8 Pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 51-59. ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1171/863, diunduh 25 Mei 2017)
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER) Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JUPITER).
JUPITER has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal. The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded on this form.
JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (JUPITER) by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.phpjupiter/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.